Breaking News
Loading...

Biodata Dr Zakir Naik – Profil, Siapa & 10 Fakta Tentang Beliau


10daftarsaya.blogspot.com – Di bulan Maret ini ada kunjungan tokoh lain yang buat Indonesia heboh, setelah sebelumnya Raja Salman. Beliau adalah Dr. Zakir Naik. Ada yang belum tahu siapa Dr Zakir Naik? Atau pingin tahu lebih detil Biodata Dr Zakir Naik? Yuk baca artikel Profil Dr Zakir Naik ini sampai selesai, karena ada 10 Fakta Tentang beliau juga di sini.


Dr. Zakir Naik tiba di Indonesia pada tanggal 1 Maret 2017 tidak lama berselang setelah kedatangan Raja Salman. Tujuan beliau berkunjung adalah untuk berdiskusi dengan Panitia Safari Dakwah yang rencananya akan diadakan sekitar April 2017 di Stadion Bekasi, Jawa Barat.

Sebelum masuk ke 10 Fakta Tentang Dr Zakir Naik, mari kita lihat profil Dr Zakir Naik.

Biodata Dr Zakir Naik

Nama Lengkap : Zakir Abdul Karim Naik
Tempat/Tanggal Lahir : Mumbai (dulu bernama Bombay)/18 Oktober 1965
Suku : Konkani
Istri : Farhat Naik
Anak : Rushda Naik dan Fariq Zakir Naik
Profesi : Dokter (sampai 1991), Ulama
Pendidikan : St. Peter’s High School (Mumbai), Kishinchand Chellaram College, Topiwala National Medical College & Nair Hospital (Mumbai) dan Universitas Mumbai
Topik Ceramah : Perbandingan Agama, Islam dan Ilmu Pengetahuan Modern
Pendiri : Islamic Research Foundation (IRF) pada 1991, dan Peace TV pada 21 Januari 2006

Kurang lengkap kalau artikel ini hanya berisi Biodata Dr Zakir Naik, jadi mari cari tahu Siapa Dr Zakir Naik dengan membaca 10 fakta menarik tentang beliau.



10 Fakta Dr Zakir Naik, MBBS


Zakir Naik adalah mantan dokter bertitel MBBS (Sarjana Kedokteran dan Ahli Bedah). Beliau praktek hanya sampai tahun 1991. Setelah itu beliau mengabdikan dirinya untuk ber-dakwah. Banyak yang menyukai dan terinspirasi beliau, namun banyak juga yang sebaliknya.

Semua fakta yang dicantumkan berdasarkan riset online. Yang disajikan hanya fakta yang layak dipercaya, namun apabila ada yang dianggap tidak benar mohon bisa dikoreksi dengan memberikan alasan. Dan akan lebih bagus lagi bila ada sumber atau situs yang menguatkan alasan itu.

Berikut ulasan 10 Fakta Dr Zakir Naik.

1. Dr Zakir Naik terinpirasi oleh Ahmed Deedat, ketika beliau bertemu ulama kondang ini di tahun 1987. Ahmad Deedat memberi Naik julukan ‘Deedat Plus’.

2. Debat pertama beliau dilaksanakan di tahun 1994. Debat ini diselenggarakan dalam rangka membahas buku tulisan Taslima Nasreen – seorang penulis berdarah Bangladesh – berjudul ‘Lajja’. Acara diselenggarakan di Mumbai Marathi Patrakar Sangh.

Pingin lihat bagaimana wajah Dr Zakir Naik di masa mudanya? Ini videonya.


3. Indian Express – surat kabar harian India berbahasa Inggris yang diterbitkan di Mumbai – dalam edisi 22 Februari 2009 melansir Daftar ‘100 Orang Kuat India Tahun 2009’. Dalam daftar ini Zakir Naik berada peringkat 82.

Pada edisi tersebut, Zakir Naik juga mendapat tempat ke-3 untuk Daftar ‘10 Guru Spiritual Terbaik India’. Satu-satunya Muslim yang masuk ke dalam 10 peringkat itu.

Cover Buku The 500 Most Influential Muslims edisi 5
Ia juga terdaftar di buku ‘The 500 Most Influential Muslims’ (500 Muslim Paling Berpengaruh) sejak edisi 2009 sampai 2013/2014 (edisi 1 sampai 5). Buku ini disusun oleh Royal Islamic Strategic Studies Centre yang berada di Amman, Jordan.

Buku tersebut terbit setiap tahun bekerjasama dengan Prince Al-Waleed Bin Talal Center for Muslim-Christian Understanding, yang berada di Universitas Georgetown, Washington D.C., Amerika Serikat.

4. Pada 30 Maret – 1 April 2012, kuliah agama yang ia lakukan di Kishanganj, Bihar, India dihadiri oleh lebih dari 1 juta orang. Disebut-sebut ini adalah Rekor Penonton Terbanyak Di Dunia untuk acara kuliah agama dengan 1 orang pembicara.

Acara tersebut diberi nama Peace Convention, yang dilaksanakan selama 3 hari.

Acara ini dinodai oleh demonstrasi oleh kaum Sunni yang tidak menyukai acara ini dilakukan di kota mereka. Dengan alasan Zakir Naik menyebarkan faham Wahabisme di daerah mereka.

5. Beliau adalah sosok kontroversial.

Negara Inggris dan Kanada melarang beliau menyampaikan orasinya di depan publik. Bahkan melarang beliau masuk ke ke-2 negara tersebut pada Juni 2010.

Zakir Naik melayangkan permohonan judicial review ke Mahkamah Agung Kerajaan Inggris terkait pelarangan ini, namun permohonan itu ditolak pada 5 November 2010.

Peace TV yang turut ia dirikan dan sering menampilkan acara debat yang ia lakukan juga di-cekal oleh pemerintah India sejak 2012.

6. Dalam salah satu edisi Daily Star (surat kabar harian terbitan Bangladesh) melaporkan bahwa salah satu pelaku teror bom 1 Juli 2016 di Dhaka – Rohan Imtiaz, menyebarkan propaganda di Facebook dengan mengutip ucapan Zakir Naik.

Sejak itu ulama ini menarik perhatian aparat penegak hukum India.

Sejak bulan Juli 2016 ini juga, ulama besar ini ‘dicari’ oleh aparat penegak hukum India untuk dimintai keterangan terkait hubungannya dengan peristiwa pengeboman di Dhaka tersebut.

Dikabarkan beliau menetap di Arab Saudi sejak kasus ini muncul, sambil tetap berkeliling dunia untuk ber-dakwah.

Zakir Naik dalam salah satu videonya mengatakan ia tidak akan kembali ke India paling tidak sepanjang tahun 2016. Berikut videonya.



7. Organisasi Islamic Research Foundation (IRF) yang ia dirikan pada tahun 1991, dicekal dan dilarang untuk beraktifitas oleh pemerintah India yang dipimpin oleh Perdana Menteri Narendra Modi pada 15 November 2016 sampai 5 tahun ke depan.

Dasar pencekalan - menurut Kementrian Dalam Negeri India, yayasan ini dinilai menyebarkan propaganda terorisme. Zakir Naik yang menjadi pendiri dan pimpinan lembaga IRF dituduh mengeluarkan pidato provokatif dan terlibat dalam propaganda terror.

Kepolisian Maharashtra juga menuduh Zakir Naik atas keterlibatan dalam tindakan radikalisasi pemuda dan memancing mereka melakukan tindakan terorisme.

IRF Education Trust Fund – lembaga yang bertugas menerima dana sumbangan dari luar negeri juga diwajibkan meminta persetujuan pemerintah India sebelum dapat menerima dana tersebut.

8. Dr Zakir Naik mendapat Surat Panggilan dari NIA. Beliau diminta hadir di Markas NIA pada tanggal 14 Maret 2017.

Sebelumnya The National Investigation Agency (NIA) pada 19 November 2016 melakukan penggeledahan pada 10 lokasi yang dipercaya sebagai milik organisasi ini. Tindakan ini dilakukan setelah NIA cabang Mumbai mendaftarkan kasus ini sehari sebelumnya, tanggal 18 November.

Surat Panggilan ini dilayangkan NIA terkait kasus tuduhan penyebaran kebencian dan menghasut melalui pidatonya untuk melakukan aksi terror.

9. Enforcement Directorate (ED) melakukan penyelidikan atas kasus pencucian uang terhadap Dr Zakir Naik, di mana Surat Panggilan Pertama telah dilayangkan tanggal 21 Januari 2017.

Pada 27 Februari 2017, ED kembali melayangkan Surat Panggilan ke-4 untuk Zakir Naik untuk hadir sebagai saksi. Dikatakan ini bisa menjadi surat panggilan terakhir, untuk selanjutnya beliau bisa saja ‘dipaksa’ didatangkan untuk membantu proses penyelidikan ini.

Pada 7 Maret 2017, saudara perempuan ulama ini dipanggil untuk menjadi saksi terkait keterlibatan Zakir Naik atas tuduhan di atas.

Di awal Maret, Aamir Gazdar – ajudan Zakir Naik, telah lebih dahulu ditahan untuk kasus pencucian uang ini.

Terkait ini, Zakir Naik bersedia memberikan jawaban pada ED, melalui media elektronik (e-facility) seperti misalnya Email atau Skype.

Ia belum bersedia kembali ke India – paling tidak dalam waktu dekat, sambil menyebut dirinya “I’m an NRI”.

Berikut cuplikan beritanya, tapi maaf dalam Bahasa Inggris.


Bagi yang belum tahu, Enforcement Directorate adalah lembaga penegak hukum di India, yang khusus bertugas menyelidiki segala dugaan dan tindakan kejahatan di bidang ekonomi.

Sedangkan NRI adalah singkatan dari Non-Resident Indian, yang berarti orang India yang tinggal dan berdomisili di luar India.

10. Walau kontroversi yang melingkari beliau, Dr Zakir Naik juga memperoleh penghargaan (award) dan gelar kehormatan (honor).

Berikut adalah penghargaan dan gelar kehormatan yang pernah beliau terima.
  • Pada Juli 2013 mendapatkan penghargaan (award) ‘Islamic Personality of The Year’ pada Acara Dubai International Holy Quran Award (DIHQA) ke-17. Hamdan bin Rashid Al Maktoum yang menjabat sebagai Deputi Pemimpin Dubai sekaligus Menteri Keuangan dan Industri dari UEA (Uni Emirat Arab) menjadi orang yang menyerahkan penghargaan ini.
  • Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM) menganugerahkan penghargaan ‘Ma’al Hijrah Distinguished Personality’ pada 5 November 2013. Penghargaan disampaikan oleh Yang Dipertuan Agong Malaysia kala itu – Abdul Halim dari Kedah.
  •  Pada 16 Januari 2014, penghargaan ‘Sharjah Award for Voluntary Work’ tahun 2013 juga ia terima, diserahkan oleh Sultan bin Muhammad Al-Qasimi – Pangeran Mahkota dan Deputi Pemimpin Sharjah. Sharjah adalah salah satu emirat yang bernaung di bawah Negara Uni Emirat Arab.
  •  Di bulan Oktober 2014, gelar ‘The Insignia of the Commander of the National Order of the Republic of The Gambia’ diberikan oleh Presiden Gambia – Yahya Jammeh.
  •  Masih di tahun 2014 beliau juga mendapat Gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dari Universitas Gambia – ‘Doctor of Humane Letters’.
  •  Penghargaan ‘King Faisal International Prize for Service to Islam’ juga ia peroleh pada 2 Februari 2015. Penghargaan yang juga diterima oleh Raja Salman bin Abdulaziz di tahun 2017 ini.



Semoga artikel Biodata Dr Zakir Naik ini bisa menggambarkan Profil dan Siapa Dr Zakir Naik. Lengkap dengan prestasi dan kontroversi yang menyertai beliau. Silakan berikan komen anda, namun hanya komen yang sopan dan terkait dengan isi artikel yang akan kami publish. Jika artikel ini dirasa bermanfaat, jangan sungkan untuk di-share ya.

0 comments :

Posting Komentar

Back To Top