Breaking News
Loading...

10 Fakta Menarik Raja Salman – Raja Saudi Arabia Ke-7


Foto Latar : Presiden Jokowi rela hujan-hujanan demi Raja Salman

10daftarsaya.blogspot.com – Di awal Maret 2017 ini Indonesia bisa dibilang ‘geger’ dengan berkunjungnya Raja Saudi Arabia ke-7 – Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud. Beliau adalah penerus Raja-raja Islam yang juga dikenal sebagai ‘Pelindung Dua Mesjid Suci Ummat Islam’. Blog 10 Daftar Saya juga gak mau ketinggalan dong, sehingga hadirlah artikel ini. ;)




Siapa Raja Salman?


Sumber : tv.liputan6.com
Belum tahu siapa Raja Salman, tentunya selain bahwa dia adalah Raja Saudi Arabia?

Raja Salman adalah putra dari Raja Abdulaziz Al Saud atau juga dikenal di Barat sebagai Ibnu Saud (1876-1953) dari istrinya Hessa binti Ahmed Al Sudairi (1900-1969). Kedua pasangan ini memiliki 7 orang putra, yang diberi sebutan ‘Sudairi Seven’. Mereka dibesarkan di Istana Murabba.

Raja Salman lahir pada 31 Desember 1935. Seperti lazimnya putra Raja Abdulaziz lainnya, beliau sekolah di Prince’s School, Riyadh. Sekolah khusus untuk pangeran dan anak-anak orang terkemuka istana. Di sini ia belajar Hukum Syariah (Ilmu Agama) dan Ilmu Sains Modern.

Beliau menduduki tahta Kerajaan Saudi Arabia pada 23 Januari 2015 M (bertepatan pada 3 Rabiul Akhir 1436 H), setelah wafatnya Raja Abdullah bin Abdulaziz - saudara tiri beliau.

Di saat yang sama, Muqrin bin Abdulaziz Al Saud – saudara tiri Raja Salman - dinobatkan menjadi Pangeran Mahkota selanjutnya, sekaligus menjabat sebagai Deputi I Perdana Menteri. Di saat itu juga Muhammad bin Nayef ditunjuk menjadi Deputi Pangeran Mahkota.

‘Pangeran Mahkota’ adalah istilah untuk calon penerus raja di kala mangkat atau tidak lagi mampu berkuasa. Mirip-mirip Putra Mahkota lah.

Sedangkan 'Deputi Pangeran Mahkota' adalah penerus pemegang tahta apabila Pangeran Mahkota meninggal dunia atau masalah lainnya, sehingga dianggap tidak mampu/layak memimpin.

Fakta Menarik Raja Salman


Berikut fakta menarik yang kami kumpulkan dari beberapa sumber terkait Raja Salman.

1. Umur penobatan Muqrin sebagai Pangeran Mahkota – calon pengganti raja, hanya 3 bulan sejak dilantik. Atas perintah Raja Salman, posisi beliau diserahkan kepada Pangeran Muhammad bin Nayef pada 29 April 2015 – cucu dari Raja Abdulaziz atau keponakan Raja Salman.

Muhammad bin Nayef adalah orang pertama dari turunan ke-2 (level cucu) yang mulai akan digadang-gadang duduk menjadi penerus Raja Saudi.

Di saat yang sama Raja Salman juga mengangkat putranya – Mohammad bin Salman, menjadi Deputi Pangeran Mahkota.

Foto Muqrin Bin Abdulaziz - arabroyalfamily.com

2. Sudairi Seven adalah julukan untuk 7 orang putra dari Raja Abdulaziz yang akan mewarisi atau menjadi penerus raja-raja islam di Arab Saudi.

Mereka adalah Fahd, Sultan, Abdul Rahman, Nayef, Turki, Salman, dan Ahmed.

Urutan disebutkan berdasarkan kelahiran masing-masing pangeran, yang berarti mendiang Raja Fahd adalah anak tertua dan Pangeran Ahmed adalah yang termuda.

Namun hanya 2 orang dari Sudairi Seven yang menjadi Raja Saudi Arabia yaitu Raja Fahd (1921-2005) – Raja ke-5 dan Raja Salman yang sekarang menjadi pemegang tampuk kerajaan Arab Saudi.

Lalu kemana yang lainnya?

Pangeran Sultan, Nayef dan Turki telah meninggal dunia, sedangkan Abdul Rahman dan Ahmed dihapus sebagai calon Pangeran Mahkota.

Oh ya… Pangeran Turki (lebih lengkapnya Pangeran Turki II) sebelum meninggal pun sudah dihapus sebagai calon penerus tahta.


Sudairi Seven - Sumber foto dari Wikipedia, terkecuali Raja Salman (forbes.com) & Pangeran Ahmed (houseofsaud.com)


3. Di usia yang sangat muda, saat berusia 19 tahun ia sudah ditunjuk menjadi Deputi Gubernur Propinsi Riyadh, yaitu di tahun 1954. Dan kemudian di tahun 1963 ia menjadi Gubernur Riyadh selama 48 tahun, atau tepatnya sampai tahun 2011.

Foto Masa Muda Pangeran Salman - wikipedia


4. Raja Salman – saat itu masih menjadi Pangeran, sangat dekat dengan Pangeran Mahkota Sultan. Beliau selalu berada di samping Pangeran Sultan saat sakit dan dalam proses pengobatan di Maroko dan New York mulai tahun 2008 – 2011.

Bahkan Pangeran Sultan menyebut Pangeran Salman dengan sebutan “Pangeran Kesetiaan” dalam sebuah surat yang ditujukan ke beliau. Beliau juga dikenal sebagai penasehat paling terpercaya Raja Fahd.

5. Raja Salman pernah menikah sebanyak 5 kali. Istri-istri beliau adalah :
  • Sultana Binti Turki Al Sudairi (meninggal 2011 di usia 71 tahun) --> 6 orang anak
  • Sarah binti Faisal Al Subai’ai --> 1 orang anak
  • Fahda binti Falah bin Sultan Al Hithalayn --> 6 orang anak, salah satunya adalah Pangeran Mahkota Mohammad bin Salman
  • Sultana binti Mandil Al Mandil Al Khaldi
  • Wafaa binti Abdullah bin Hanash bin Ali Al Shahri
Dari 2 istri yang terakhir tidak diketahui berapa orang anak Raja Salman.

6. Raja Salman dan keluarganya disebut-sebut menjadi pemilik surat kabar ‘Asharq Al-Awsat’ dan ‘Al Eqtisadiah’. (Sumber: arabroyalfamily.com)

7. Pada Februari 2015 – kira-kira sebulan setelah dilantik, Raja Salman memberikan hibah kepada sejumlah organisasi, klub olahraga, investasi air dan listrik.

Yang lebih heboh adalah dikeluarkannya bonus 2 bulan gaji pada PNS, tentara, para pensiunan, dan mahasiswa yang mendapat status beasiswa dari pemerintah.

Jumlahnya cukup fantastis, yaitu USD 32 Milyar – kira-kira 316 Trilliun Rupiah. Nyaris 1/7 nilai APBN 2017 negara kita guys.

8. Disebut-sebut saat beliau menjadi Gubernur Propinsi Riyadh, sistem administrasi yang ia kelola bersih dari korupsi.

9. Raja Salman juga gak mau ketinggalan media sosial guys. Ia punya twitter juga lo. Publish pada 23 Februari 2013.

Pingin follow? Klik ini.

Tapi kayaknya sebagian besar pembaca bakal susah baca apa yang beliau tulis. Gak percaya? Coba aja lihat sendiri. :)

10. Ada satu kejadian menarik yang terekam di kamera saat Raja Salman berkunjung ke Amerika di bulan April 2016. Saat itu Presiden Obama dan Raja Salman sedang bersalaman dengan tamu negara dan pejabat di Amerika.

Dan tiba-tiba Raja Salman berbisik pada Presiden Obama. Yang kira-kira artinya ia permisi untuk melakukan Shalat Ashar berjamaah.


Medsos saat itu pun heboh dan menyanjung Raja Salman atas tindakannya ini. Bahkan ada yang menyebut di medsos, bahwa Raja Salman sadar bahwa ‘Raja Dari Para Raja’ yang sesungguhnya adalah Allah SWT.



Anda senang dengan artikel terkait raja-raja islam, “10 Fakta Menarik Raja Salman – Raja Saudi Arabia ke-7” ini? Jangan segan share ke akun medsos kalian ya. ;)

0 comments :

Posting Komentar

Back To Top