Featured

Kamis, 28 April 2016

Diet Kantong Plastik : Pengertian dan 10 Bahaya Kantong Plastik

10daftarsaya.blogspot.com - Pada Februari 2016 beberapa orang yang perduli lingkungan membuat sebuah gerakan petisi online via change.org yang meminta dilakukan kontrol terhadap pemakaian kantong kresek alias kantong plastik alias plastik assoy (diet kantong plastik). Dan petisi tersebut berhasil dan memperoleh tanggapan dari pemerintah - dalam hal ini menteri terkait. Beberapa kota besar di Indonesia pun langsung menerapkan aturan kantongan plastik berbayar.


tolak pemakaian tas plastik
Courtesy : news.okezone.com

Itulah mengapa bila kita tinggal di kota besar, dan berbelanja di supermarket atau toko waralaba besar, kita akan ditanya apakah kita bersedia membayar Rp. 200 untuk satu buah kantong plastik. Tujuannya agar kita sebagai pembeli lebih suka membawa sendiri kantongan belanjaan dari rumah. Tentunya bukan bawa kantong plastik lo mas bro dan mbak sis. ^_^



Dan duit hasil penjualan kantong plastik tersebut akan disumbangkan untuk kegiatan yang terkait dengan pelestarian lingkungan hidup. Paling tidak itu yang dikatakan mereka. Wallahu 'alam. ^_^

Di masyarakat pun muncul gerakan Diet Kantong Plastik. Penulis sendiri sangat mendukung Gerakan ini.



Di bawah ini adalah Infografis yang dibuat oleh Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik.

infografis diet kantong plastik



Pengertian Diet Kantong Plastik


Mungkin ada yang bertanya, "Apa itu Diet Kantong Plastik?".
Singkat saja sih definisinya. :)

Diet Kantong Plastik adalah usaha untuk mengurangi pemakaian kantong plastik atau kantong kresek, dikarenakan lebih banyak mudharat dibandingkan manfaatnya. :)
Nah itu doang...

Inilah Mengapa Kantong Plastik atau Plastik Kresek atau Plastik Assoy itu Berbahaya Bagi Lingkungan


Pikirkan 10 poin ini jika anda masih enggan mengikuti program peduli lingkungan yang satu ini.

1. Cuma Dibutuhkan Beberapa Menit Saja


Paling kita pakai dari toko ke rumah doang. Memang ada yang hemat, dan mau bersedia kumpulin untuk nantinya dibawa kembali ke pasar, namun saya yakin ini hanyalah segelintir orang saja. Sebagian besar akan langsung membuang ke tempat sampah, apalagi kalau kantong plastik bekas bungkus ikan yang amis, misalnya.

2. Salah satu bahan baku Kantong Plastik Kresek ini adalah minyak bumi.


Kita kan tahu sendiri minyak bumi adalah sumber daya alam yang langka dan mahal. Masak sih kita buang-buang hanya untuk sesuatu yang dipakai beberapa menit saja.

3. Emisi Karbon


Saat proses pembuatannya, begitu banyak asap alias emisi yang dibuang ke atmosfir (udara sekitar). Emisi yang dihasilkan pun bukan emisi sembarangan, tapi Emisi Karbon yang dalam jumlah tertentu bisa berbahaya bagi kesehatan manusia dan mahluk hidup di sekitarnya.

4. Bisa Menyebabkan Kontaminasi Pada Makanan


Pernah gak, anda beli gorengan yang masih panas dan sang pembeli memasukkannya ke dalam kantong plastik? Saya yakin sering. Ayo jujur....??!!! :)

Dalam kondisi panas, makanan tersebut akan menyebabkan terlepasnya zat-zat kimia dari kantongan plastik, yang selanjutnya akan melekat di makanan anda tadi. Zat-zat kimia ini bahkan ada yang bersifat karsinogenik alias bisa memicu kanker. Wuih... ngeri wak.

5. Plastik Daur Ulang Yang Tidak Higienis


Saya dulu punya rekan kerja yang mendirikan Pabrik Daur Ulang Kantong Plastik. Para pemulung akan mengumpulkan kantongan plastik ke pabrik, dan asal muasal plastik tersebut tidak jelas - entah bekas bungkus apa? Walau di pabrik tersebut dilakukan proses pencucian, namun saya yakin plastik tadi jauh dari kata bersih, apalgi higienis.

Plastik-plastik bekas ini kemudian dibuat menjadi bijih plastik, yang kemudian bisa dilanjutkan ke proses pembuatan produk selanjutnya. Dan salah satu produk yang dihasilkan adalah kantong plastik kresek.

Bersedia gak bila anda diberikan seorang penjual makanan, sementara anda tahu kalau plastik yang dipakai itu hasil daur ulang dari plastik bekas bungkus popok, pembalut atau kotoran misalnya.

Gak usah dijawab deh, jawab dalam hati saja.

6. Sampah Plastik Berserakan di Mana-Mana Alias Sebagai Pencemar Lingkungan


Sumber : mesinsakti.blogspot.com

Coba sesekali perhatikan tempat-tempat sampah di sekitar kantor atau kompleks rumah anda. Saya bisa pastikan sebagian besar isinya adalah kantong plastik dan botol plastik minuman kemasan.

Coba bayangkan sendiri, berapa tempat sampah di kota anda, dan bila semua kantong plastik ini ditumpuk menjadi satu, berapa kilogram kantong plastik dalam satu hari.

Belum lagi ada yang punya sifat buang ke parit, selokan atau sungai. Sudah paham lah ujung-ujungnya. Ya gak?

7. Terurai Sangat Lama - Bisa Ratusan Tahun


Kalau poin yang ini pasti anda sudah tahu deh. Banyak diurai oleh para pakar atau disajikan di televisi.

Jika ada yang jawab, "Tapi saya pakai Plastik Ramah Lingkungan kok". Seramah-ramahnya plastik, dia akan tetap lama hancur. Mungkin kalau tadinya ratusan tahun, akan berubah jadi puluhan tahun.

Terus kalau sudah hancur, komponen kimia di dalam plastik ini akan mencemari tanah. Jadi cepat pun hancur, tetap akan membawa masalah. Hayyooo... iya apa iya?

8. Kantong Plastik Itu Tidak Gratis


Jika kita berbelanja, sang penjual biasanya memberikan bungkusan plastik secara gratis. Tapi apakah sebenarnya ini gratis? Saya pastikan tidak.

Walaupun kita tidak mengeluarkan duit untuk kantong plastik assoy tersebut, sebenarnya kita mengeluarkan duit dalam bentuk yang berbeda. Yaitu Efek alias Akibat.

Berapa banyak sampah plastik yang timbul memenuhi tempat sampah, selokan dan sungai. Berapa banyak biaya kebersihan yang dikeluarkan Dinas Kebersihan untuk mengangkat sampah plastik yang banyak? Berapa banyak efek negatif seperti kerugian materi apabila banjir yang dikarenakan selokan/parit tersumbat?

9. Berbahaya bagi Hewan


Lovelace - sang dukun Pinguin ; Diambil dari playbuzz.com

Pernah nonton film Happy Feet? Di situ ada karakter Lovelace - sang dukun di komunitas pinguin yang ada di film tersebut. Lihat apa yang ada di lehernya. Ya, itu adalah kemasan plastik dari kaleng minuman.

Sampah Plastik disangka ubur-ubur - sumber : pinterest.com

Itu adalah contoh bagaimana plastik sangat berbahaya bagi hewan yang ada di sekitar kita. Saya pernah baca ada hewan laut seperti penyu yang mati karena tidak bisa lepas dan bernafas akibat terperangkap plastik. Hewan laut banyak yang menjadi korban akibat sampah plastik ini. Di darat pun juga sama. Pernah baca atau mungkin menyaksikan sendiri ada kambing yang mati, dan ternyata karena perutnya penuh berisi plastik.

10. Mengotori Lautan


Sumber : ecowatch.com

Sampah plastik yang mengalir dari sungai ke lautan, terkadang mengumpul membentuk pulau yang cukup besar. Saya pernah baca, jika pulau-pulau plastik ini dikumpulkan, maka akan bisa terbentuk benua baru seperti Australia misalnya. Kebayang gak luasnya?




Alternatif Pemakaian Kantong Plastik


Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dipakai sebagai alternatif pemakaian kantong plastik assoy atau plastik kresek.

1. Membuat sendiri tas belanja sederhana dari baju atau pakaian bekas


Untuk hal ini butuh kreatifitas, dan terkadang hasilnya kurang memberi kepercayaan diri. Namun bila anda orang yang kreatif dan penuh jiwa seni, ini adalah solusi paling murah.

2. Membeli tas belanja katun (juga dikenal sebagai tote bag atau cotton bag) yang siap pakai


Tas seperti jelas tidak hanya memenuhi tujuan anda membawa barang belanjaan dengan tas yang ramah lingkungan dan bisa dipakai berulang-ulang, tetapi juga dikarenakan desain yang modis dan trendy akan membuat yang memakainya juga bangga.

Jika anda tertarik untuk memiliki tas katun atau tote bag untuk menggantikan kantong plastik belanjaan anda, coba lihat-lihat koleksi cotton bag buatan merk nge-top Ocean Seven di link ini. Jika tertarik untuk beli atau ingin tanya-tanya dulu, kunjungi Fanspage Triple Aces Store atau lihat link CS di profil instagram dari Kaos Distro Trendy.

Semoga artikel ini, bisa merubah mindset para pembaca blog ini dan mulai mengurangi pemakaian kantong plastik assoy atau kresek dalam kehidupan sehari-hari, dan mempraktekkan Cara Diet Kantong Plastik yang jelas lebih ramah lingkungan.

Rabu, 27 April 2016

10 Peringkat Negara Tertinggi & Terendah : Tingkat Pengangguran Di Dunia 2016

10daftarsaya.blogspot.com - Karena kemarin saya menuliskan artikel berjudul Jumlah Pengangguran di Indonesia di akhir tahun 2015, jadinya saya pingin menuntaskan artikel tersebut dengan menguraikan data tingkat penggangguran di dunia, berdasarkan data semester 1 tahun 2016 melalui situs tradingeconomics.com.

Courtesy of pixabay.com

Data yang disajikan pada situs tersebut, diperoleh dari laporan BPS negara masing-masing. Ada yang cukup sering di-update, yaitu per bulan, ada yang per triwulan, per semester bahkan tahunan. Namun saya juga menemukan ada data negara yang sudah sangat lama (umumnya dari negara-negara di Benua Afrika), seperti 2008 dan bahkan 1984 (gile beneerrr...). ^_^

Namun secara umum data tingkat pengangguran yang disajikan cukup up-to-date.



10 Negara Dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi Di Dunia


Daftar 10 Negara yang memiliki Tingkat Penggangguran Tertinggi di dunia adalah :

1. Djibouti : 54% (Desember 2010)
2. Congo (bukan Republic of The Congo lho...) : 46,1% (Desember 2013)
3. Bosnia - Herzegovina : 42,76% (Februari 2016)
4. Haiti : 40,6% (Desember 2010)
5. Afghanistan : 40% (Desember 2015)
6. Kenya : 40% (Desember 2011)
7. Kosovo : 35,3% (Desember 2014)
8. Yemen : 29% (Desember 2011)
9. Swaziland : 28,5% (Desember 2010)
10. Namibia : 28,1% (Desember 2014)

Untuk negara yang berada di peringkat 2 itu adalah Congo, dan bukannya Republic of The Congo. Ini 2 negara yang berbeda ya sob...

Kalau Republic of The Congo sendiri, tingkat penganggurannya - berdasarkan data Desember 2010 - sebesar 26,6% (ada di peringkat ke-11 untuk tingkat pengangguran tertinggi). Gak jauh-jauh beda dari negara saudaranya. :(

Bisa dilihat sebagian besar negara ini berada di Benua Afrika (ada 6 negara). Saya gak berani kasih comment lah pokoke...

10 Negara Dengan Tingkat Pengangguran Terendah Di Dunia


Kalau sudah tahu 10 negara yang banyak memiliki pengangguran, sekarang kita lihat 10 negara lainnya yang memiliki jumlah para penganggur yang paling rendah.

1. Qatar : 0,2% (Desember 2014)
2. Kamboja : 0,3% (Desember 2013)
3. Thailand : 0,87% (Februari 2016)
4. Benin : 1% (Desember 2013)
5. Belarus : 1% (Desember 2015)
6. Madagaskar : 1,2% (Desember 2012)
7. Laos : 1,4% (Desember 2014)
8. Guinea Bissau (bukan Papua New Guinea atau Equatorial Guinea ya mas bro dan mbak sis...) : 1,8% (Desember 2010)
9. Singapore : 1,9% (Desember 2015)
10. Macau : 1,9% (Februari 2016)

Lalu Indonesia ada di peringkat berapa ya? Tingkat Pengangguran di Indonesia berdasarkan data September 2015 adalah sebesar 6,18%. Indonesia ada di urutan ke-74 untuk negara yang memiliki Tingkat Pengangguran Terendah atau urutan ke-110 untuk negara dengan Peringkat Pengangguran Tertinggi. Ini peringkat di saat saya tulis artikel ini lo, mas bro dan mbak sis... yaitu pada April 2016.


Kalau Malaysia? Malaysia memiliki jumlah pengangguran sebesar 3,4%, berdasarkan data Februari 2016 (peringkat 27 untuk Jumlah Pengangguran Terendah).

Kesimpulannya? Indonesia ada di peringkat tengah untuk jumlah pengangguran di dunia. Jadi gak jelek-jelek amat lah. #bangganegarasendiri :D

Apa yang menarik di sini? Benua Asia adalah benua yang paling sedikit dihuni oleh para penganggur. Cukup bangga juga ya kan, membaca fakta unik ini? Jempol deh untuk Benua Asia. ^_^

Silakan juga baca artikel jadul saya, 10 Negara Dengan Jumlah Pengangguran Tertinggi dan Terendah di Tahun 2011. ^_^

Jangan lupa komen ya sob... ;)
Anyway, tidak semua komen akan saya publish. Kalau nyepam, ya saya tandai. ^_^

Selasa, 26 April 2016

10 Peringkat Propinsi Berdasarkan Jumlah Pengangguran di Indonesia - Akhir 2015

10daftarsaya.blogspot.com - Krisis moneter dan berbagai macam krisis pernah mendera Indonesia dalam 2 dekade ini, sejak 1998 sampai saat artikel ini dibuat. Oleh karenanya saya tertarik untuk mencari tahu propinsi mana saja, yang paling banyak memiliki jumlah pengangguran di Indonesia. Sebagai informasi artikel ini didasarkan atas Data BPS sebagai hasil olahan Sensus Sakernas (Survei Angkatan Kerja Nasional) pada Semester 2 tahun 2015. Untuk data lengkapnya bisa dilihat di situs Mikrodata BPS.

Baca juga artikel 10 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi Terendah di Tahun 2011, yang pernah saya tulis beberapa tahun yang lalu.


Data BPS yang dikutip dalam artikel ini adalah Jumlah Pengangguran Terbuka alias Open Unemployment. Apa itu Pengangguran Terbuka? Berdasarkan wikipedia, Pengangguran Terbuka atau Open Unemployment adalah orang yang tidak bekerja sama sekali atau bekerja hanya sehari dalam seminggu atau mereka yang sedang berusaha memperoleh pekerjaan yang lebih baik atau lebih layak.

Adapun Tingkat Pengangguran dinyatakan dalam persen, yang merupakan perbandingan antara jumlah pengangguran dibandingkan dengan jumlah angkatan kerja.

Ok mas bro and mbak sis, kita langsung saja ke isi ya. Biar gak bosen baca artikel ini dan semoga tidak langsung tutup browser-nya. ;)



10 Propinsi Dengan Jumlah Pengangguran Tertinggi di Indonesia


Urutan 10 negara yang memiliki jumlah pengangguran tertinggi di Indonesia adalah sebagai berikut :
1. DI Aceh : 9,93%
2. Maluku : 9,93%
3. Banten : 9,55%
4. Sulawesi Utara : 9,03%
5. Jawa Barat : 8,72%
6. Papua Barat : 8,08%
7. Riau : 7,83%
8. Kalimantan Timur : 7,50%
9. DKI Jakarta : 7,23%
10. Sumatera Barat : 6,89%

Kalau dilihat dari pulau, ada 3 propinsi yang berada di Sumatera, 3 propinsi di Pulau Jawa, sedangkan 4 lainnya tersebar di beberapa pulau lainnya (masing-masing 1).

10 Propinsi Dengan Jumlah Pengangguran Terendah di Indonesia


Berlawanan dengan peringkat yang disajikan di atas, berikut ini adalah 10 Propinsi Dengan Jumlah Pengangguran Terendah di Indonesia.
1. Bali : 1,99%
2. Sulawesi Barat : 3,35%
3. Nusa Tenggara Timur : 3,83%
4. Papua : 3,99%
5. DI Yogyakarta : 4,07%
6. Sulawesi Tengah : 4,10%
7. Jambi : 4,34%
8. Jawa Timur : 4,47%
9. Kalimantan Tengah : 4,54%
10. Gorontalo : 4,65%

Bisa dilihat ada 3 propinsi di Sulawesi, 3 propinsi di Jawa & Bali, dan sisanya tersebar di pulau-pulau berbeda (masing-masing 1 propinsi).

Jika dilihat Jumlah Pengangguran di Indonesia pada akhir tahun 2015 adalah sebesar 6,18%.

Selasa, 12 April 2016

10 Fakta Unik Tentang Wanita Dari Sisi Psikologis

10daftarsaya.blogspot.co.id - Wanita di mata pria memiliki beragam makna, tergantung situasi dan kondisi perasaan sang pria. Banyak hal yang tidak dipahami oleh pria, terutama terkait cara pikir dan sikap wanita. Tidak bisa dipungkiri banyak sosok wanita yang terkait dengan diri seorang pria, mulai dari sosok ibu contohnya. Di artikel ini saya akan bahas fakta unik tentang wanita dari sisi psikologis alias cara mereka berpikir dan memberi tanggapan terhadap suatu keadaan. Semoga dengan membaca ini, para pria bisa dapat pengetahuan tambahan seperti misalnya apa yang perlu dilakukan bila ingin PDKT ke si do'i atau bagaimana memahami istri yang selalu ngomel di rumah. ^_^

Ilustrasi Super Woman - Thanks pixabay.com

Sebelum masuk ke isi, ada yang ingin saya ungkapkan di sini. #curcol
Wanita di mata penulis adalah manusia superhero yang tidak ada lelahnya. Bisa dilihat di hal-hal sehari-hari kita. Hal-hal yang mereka lakukan, akan susah ditiru oleh pria.Sedang sebaliknya yang pria lakukan, akan dengan mudah mereka lakukan. :)



Apa Sajakah Fakta Unik Tentang Wanita?


Fakta Unik yang penulis gali ini via browsing dihubungkan ke semua aspek yang penulis anggap menarik. Jadi kalau ada yang kurang setuju, mohon maaf ya?


1. Wanita pada umumnya menyenangi sepatu (baca : alas kaki) dan bersedia mengeluarkan duit untuk mengkoleksi sepatu


Menurut sebuah survei yang dilakukan gocompare yang dilakukan pada 3.000 orang wanita, wanita bisa memiliki 19 pasang sepatu dalam waktu yang bersamaan. Dan rata-rata wanita akan memiliki 469 pasang sepatu atau segala model alas kaki (flip-flop, sepatu berhak, sepatu-sandal, sandal dan lainnya) sepanjang hidupnya. Mungkin untuk ukuran Indonesia angka-angka di atas tidak sepenuhnya benar, namun saya pikir "sudah mirip-mirip lah". :D




2. Wanita yang sudah dewasa akan lebih menyukai menjalin hubungan dengan pria yang memiliki Semangat & Ambisi untuk berkembang


Tidak perduli apakah mereka memiliki toko atau bahkan hanya menjadi seorang penjaga toko. Mana yang lebih mereka yakini memiliki ke-2 hal di atas akan menjadikan sang pria lebih menarik di matanya. Oleh karenanya kegantengan pria bagi wanita dewasa hanya memberi andil alias tambahan poin dan bukan poin utama. Beda kalau pilihan gadis atau wanita masih alay. ;)
Karena wanita mementingkan prinsip bahwa pria harus mampu menopang kehidupan rumah tangga mereka di masa depan. Di sinilah mengapa cap cewek matre itu muncul.




3. Wanita tidak perduli apa yang kau katakan, tetapi mereka mementingkan atau lebih percaya pada apa yang mereka rasakan


Jadi misal kamu berkata, "I Love You", tapi tingkah mu tidak menunjukkan itu, siap-siap saja kehilangan si do'i.
Atau contoh lain, misal anda bilang si do'i cantik, namun di pikirannya ia tidak merasa seperti itu, maka yang kamu bilang itu dianggap angin lalu, atau bahkan mengejek. Yang harus dilakukan adalah bagaimana kamu membuat sang gadis atau wanita tersebut merasa cantik.



4. Mirip seperti poin 1, wanita pada umumnya senang mengoleksi banyak baju


Wanita - pada umumnya - beranggapan bahwa baju yang menarik disesuaikan dengan sepatu yang wah pada event yang tepat, akan membantu mereka bersosialisasi dengan baik. Mereka beranggapan pakaian yang dikenakan akan memberi pengaruh pada tanggapan dan interaksi lawan bicaranya.


5. Wanita suka dengan pria yang tangguh, tegas dan teguh pendirian


Jika diberi pilihan pada 2 type pria, yang satu orangnya tangguh, teguh pendirian yang suka berbuat semaunya, dan pantang berubah pendirian. Satunya lagi orangnya lemah, penakut, suka lari dari masalah, tidak berani berbuat sesuatu dan suka mengikuti apa yang orang lain katakan. Sebagai wanita, mana yang menurut kamu akan menjadi pilihan? So pasti yang type pertama, ya gak?
Lalu bagaimana jika si pria type pertama ini juga suka berbuat kekerasan, suka selingkuh dan tidak perduli dengan keberadaan istri/pasangannya. Sebagian wanita akan berusaha bertahan dengan type pria pertama ini, disebabkan rasa aman atas keberadaan pria ini dan sekaligus juga rasa takut.



6. Wanita suka mendengarkan dan tergantung pada opini temannya


Wanita mengganggap penting apa yang dipikirkan oleh orang lain, terutama teman-temannya. Semakin banyak orang, apalagi teman yang mendukung apa pendapat dan pilihan yang ia buat, maka semakin tenang dan nyaman perasaan mereka. Bahkan pendapat teman tentang sesuatu bisa dibilang bahkan lebih penting dari hal yang ia lakukan atau bahas.




7. Wanita pada umumnya tidak suka 'nembak' pria duluan


Mengapa wanita tidak suka mengucapkan rasa cinta atau sukanya kepada pria lebih dahulu? Itu karena wanita tidak ingin ditolak. Akibat penolakan yang mereka rasakan bahkan lebih dalam mengena ke perasaan, dibandingkan dengan penolakan cinta yang dirasakan laki-laki. Ingat kan, kalau wanita itu lebih perasa dan sensitif? Mereka hanya berani memberi sinyal-sinyal halus ketertarikannya pada pria tanpa berani mengambil langkah lebih jauh.



8. Wanita suka menggunakan telpon lebih lama


Wanita lebih suka menggunakan telpon berlama-lama, terutama jika berbicara dengan teman-temannya. Terkadang pembicaraan tidak terarah dan tanpa topik jelas. Hal ini dikarenakan wanita suka berkomunikasi, dan hal ini membuat perasaan mereka senang. Komunikasi tanpa beban, tanpa topik dipenuhi tawa dan canda membuat mereka puas dan nyaman.


9. Wanita suka untuk tidak fokus pada topik yang dibicarakan


Mirip seperti poin di atas, wanita suka bicara tanpa arah dan berganti-ganti topik yang jelas. Hal ini dikarenakan mereka mengganggap hal yang terpenting dalam berkomunikasi adalah percakapan yang panjang, nyaman dan menarik. Berbeda dengan pria yang menyukai berbicara fokus dan ingin segera menemukan kesimpulan.



10. Wanita adalah mahluk yang sensitif


Wanita adalah manusia yang sensitif, melebihi kaum pria. Stress yang terjadi pada wanita umumnya dipicu oleh bagaimana komunikasi yang timbul dalam kehidupannya, baik di rumah, di kantor atau tempat umum. Berbeda dengan pria yang lebih mudah merasa stress apabila tidak bisa melakukan sesuatu untuk mencapai target atau sesuatu yang ia idamkan.
Wanita akan memikirkan secara lebih dalam apa tanggapan orang, bagaimana seseorang berbicara dengannya, apa tanggapan orang terkait suami atau keluarganya. Apabila isi percakapan tersebut tidak sesuai dengan yang ia harapkan dan sukai, akan memicu stress.

Itulah Fakta Unik Tentang Wanita - yang penulis ulas dari sisi psikologis dan bagaimana cara mereka berpikir. Adapun sumber dari tulisan ini adalah beberapa situs psikologi ngetop, seperti attractioninstitute.com dan askmen.com. Semoga tulisan ini bermanfaat dan berguna. :) Aamiin.

Rabu, 30 Maret 2016

10 Fakta Unik Film Batman Vs Superman : Dawn Of Justice (2016)

10daftarsaya.blogspot.co.id - Ini artikel seri ke-3 terkait film Batman v Superman : Dawn of Justice (2016) yang disutradarai oleh Zack Snyder. Cerita kita kali ini adalah mencari tahu apa sih fakta unik yang ada pada film Batman v Superman itu. Para kritikus film banyak yang memberikan komentar negatif terhadap film fenomenal di awal tahun 2016 ini, tetapi sepertinya hal ini tidak mempengaruhi antusiasme para penonton dan fans mania dari ke-2 tokoh superhero ini. Di film ini ada 4 superhero yang hadir, lihat saja poster filmnya di bawah ini.

Poster film Batman v Superman


Oh ya... llihat kan poster di atas? Kalau ada yang belum tahu nama tokohnya, dari kiri ke kanan. Batman (Ben Affleck), Aquaman (Jason Momoa), Wonder Woman (Gal Gadot) dan Superman (Henry Cavill).

BTW Zack Snyder sudah membuat 3 film bekerja sama dengan DC, ke-3 film tersebut adalah Watchmen (2009), Man of Steel (2013) dan yang terakhir ya ini - Batman v Superman (2016). Sebelumnya dia adalah sutradara film box office - 300 (2006).


Sinopsis Film Batman V Superman

(disarikan dari berbagai sumber, habis penulis juga belum nonton sih ^_^)

Film ini merupakan kelanjutan dari Film Man Of Steel (2013) yang juga dibintangi oleh Henry Cavill. Jika sudah nonton, tentu kita ingat kalau pada saat itu terjadi pertempuran dahsyat antara Superman dengan Jenderal Zod (General Dru-Zod) yang ingin menguasai bumi dan mengubah bumi menjadi Planet Krypton.

Gambar Jendral Zod dari film Man of Steel (2013)

Pertempuran yang brutal ini membuat kota Metropolis hancur dan begitu banyak kerugian yang diderita ummat manusia. Saat itu ada 2 kubu, yang tetap beranggapan Superman adalah tokoh superhero dan ada yang beranggapan Superman adalah biang kerok kehancuran dan harus dicegah untuk berbuat hal serupa di masa yang akan datang. Bruce Wayne alias Batman adalah orang dalam kelompok ke-2, yang beranggapan Superman adalah bahaya bagi ummat manusia.

Gambar Pertempuran Batman vs Superman

Ketidak-setujuan Batman inilah pemicu pertempuran antara ke-2 superhero ini. Tanpa mereka sadari Lex Luthor juga merencanakan sesuatu untuk menghancurkan Superman dan pada akhirnya bisa berbahaya bagi bumi dan ummat manusia.

Saya rasa cukuplah segitu saja, nanti pada jadi marah ke saya, karena jadi gak asyik lagi nonton filmnya kan? ^_^

10 Hal Unik Batman Vs Superman : Dawn of Justice


Saya yakin hampir sebagian besar orang sangat ingin menonton film fenomenal dari 2 tokoh superhero legendaris dari komik yang sudah berusia puluhan tahun. Tapi apa dong yang unik dari film dan tokoh ini?

Sumber : wikipedia

1. Karakter Batman yang biasanya tokoh yang santun dan tidak pernah membunuh lawannya, berubah drastis dalam film ini. Beliau menjadi lebih brutal dan tidak segan-segan menembak, menabrak dan membunuh musuh-musuhnya. Berdasarkan penuturan sang scriptwriter film ini - David S. Goyer - hal ini dipicu oleh kebosanan, kelelahan dan amarah Batman dalam membela keadilan yang tiada akhir dan merasa tindakan terbaik adalah memusnahkan atau membunuh para kriminal.

Bagi yang belum tahu ini gambar Ben Affleck ya... :)

2. Di saat pemilihan sutradara film Man of Steel (2013), Ben Affleck ditawari posisi ini, dan dia menolak dikarenakan alasan kurangnya pengalaman dalam hal visual efek. Coba kalau beliau jadi sutradara film itu dan berlanjut ke film lanjutannya ini, maka pemeran Batman sangat mungkin diperankan oleh orang yang berbeda.

Wayne Manor

3. Berbeda dengan film Batman sebelumnya, Bruce Wayne kali ini tidak tinggal di Wayne Manor, melainkan di rumah dekat danau yang Zack Snyder - sang sutradara - sebut sebagai Glasshouse.


Batman Lawan Superman

4. Kalau dibandingkan dengan komik The Dark Knight Returns, Batman dan Superman bertempur setelah Justice League bubar, namun di film ini mereka berkelahi bahkan sebelum Justice League terbentuk.

Gambar Logo Batman v Superman dalam film I Am Legend (2007)

5. Rencana pembuatan film ini pernah diangkat oleh Andrew Kevin Walker yang menunjuk sutradara Wolfgang Petersen dan scriptwriter Akiva Goldsman pada Agustus 2001. Pada versi mereka, tunangan Bruce Wayne dibunuh oleh Joker, yang membuatnya teramat dendam dan ingin melakukan pembalasan dendam. Di sinilah terjadi pertemuan dengan Superman, yang berusaha menghentikan niat Batman tersebut.

Yang menarik adalah pada saat Goldman menjadi scriptwriter untuk film I Am Legend (2007), pada awal film dimulai terlihat ada lambang Superman v Batman di salah satu billboard (lihat gambar di atas).

Pingin lihat videonya? Silakan kunjungi link video ini.

Wonder Woman diperankan oleh Gal Gadot

6. Film ini merupakan penampilan pertama tokoh Wonder Woman di layar lebar. Wonder Woman di film ini adalah manusia setengah dewa, putri dari Dewa Zeus, yang sudah berumur ratusan tahun. Tua banget deh... ^_^

Poster film Dare Devil dari imdb.com

7. Film ini bukanlah film superhero pertama yang dibintangi oleh Ben Affleck. Kalau kita ingat film Daredevil (2003), beliau memerankan tokoh Daredevil alias Matt Murdock.

Logo Warner Bros

8. Ada rumor yang bilang kalau Ben Affleck akan memerankan 3 film Batman selain film yang satu ini. Para bos di Warner Bros (WB) merubah kesepakatannya yang tadinya hanya satu film menjadi tiga film Batman, setelah melihat cuplikan film ini.

Kostum Batman Lama (kiri) dan di Batman v Superman (kanan)

9. Secara tidak sengaja, Ben Affleck dan Christian Bale pernah ketemu di toko kostum saat ingin membelikan kostum Batman untuk anak mereka masing-masing. Tahu kan kalau mereka berdua ini adalah pemeran Batman di film yang berbeda.
Saat itu Ben minta advis mengenai perannya ini, nah si Christian cuma bilang, "Pastikan kamu bisa kencing di dalam pakaian itu". Hehehe...

Gambar Ben Affleck dari examiner.com

10. Ben Affleck pingin membeli kostum Batman ini, dan produser bersedia bila Ben membayar sebesar USD 100.000. Mendengar nilai tersebut, Ben berubah pikiran dan cuma minta izin difoto memakai kostum ini. ^_^

Demikian 10 fakta unik film Batman v Superman - yang sebagian besar direkam di Detroit, Michigan - yang saya kumpulkan, semoga cukup menghibur dan informatif.

Sebagai penutup, silakan lihat-lihat koleks kaos Batman v Superman dan kaos Batman v Superman Artworks kami. Jika ada yang diminati dan ingin beli, hubungi kami di FB Triple Aces Store ya guys. ;)

10 Fakta Unik Terkait Superman

10daftarsaya.blogspot.co.id - Saya ingin melanjutkan serial artikel yang saling berhubungan dengan film fenomenal di tahun 2016 ini yaitu Batman V Superman : Dawn of Justice. Kali ini kita akan mencoba mengulas apa saja keunikan dari tokoh karakter Superman - sang manusia super. :)

Sumber : DC Comics

Sejarah Superman


Siapa sih yang gak kenal dengan manusia super yang satu ini? Saya yakin sangat jarang orang yang tidak kenal tokoh superhero yang kuat tapi juga ganteng ini. Namun mana tahu ada yang gak kenal (emang kemane aje lo... ^_^), saya mau sedikit cerita tentang siapa sih Superman ini.

Sumber : comicbook


Tokoh ini diciptakan oleh Jerry Siegel dan Joe Shuster, dan selanjutnya diterbitkan oleh DC Comics.

Superman berasal dari Planet Krypton yang akibat salah urus meledak berkeping-keping, namun berkat kecerdasan ayah dan ibunya (Jor-El dan Lara Lor-Van) yang termasuk sebagai jajaran ilmuwan di planet tersebut, dia bisa diselamatkan dalam kapsul yang kemudian mendarat di bumi, tepatnya di desa Smallville. Nama kelahiran Superman adalah Kal-El, namun di bumi dia diberi nama Clark Joseph Kent, oleh ke-2 orang tua angkatnya - Jonathan Kent & Martha Kent. Masa remaja Superman diwarnai dengan kisah cinta dengan sahabat masa kecilnya, Lana Lang.

Logo Superman

Setelah beranjak dewasa, dia pindah ke kota Metropolis untuk kuliah dan kemudian bekerja di Daily Planet - sebuah penerbit surat kabar di kota itu sebagai reporter, yang dipimpin oleh Perry White. Di sini ia bekerja dengan Lois Lane - yang kemudian menjadi kekasih dari Superman.

Musuh abadi Superman alias Man of Steel ini adalah miliuner ternama di Metropolis bernama Lex Luthor yang memiliki perusahaan LexCorp, dan juga teman masa kecil Clark Kent alias Superman.

10 Fakta Unik tentang Superman


Fakta tentang tokoh superhero - yang memiliki segudang kemampuan super seperti kecepatan, bisa melihat melalui dinding, mampu menyembuhkan diri dengan cepat, pendengaran super, dan lainnya - berikut saya yakin tidak banyak diketahui orang.

Sampul Action Comics 1

1. Tokoh ini pertama kali muncul pada Juni 1938, yaitu pada Action Comics #1. Cukup tua kan? ^_^ Tapi tunggu dulu, usia Superman masih 27 tahun jika dihitung berdasarkan waktu asalnya di Planet Krypton sono. Hehehe...

Lois Lane dan Superman

2. Berdasarkan kisah asli di komik, Lois Lane menikahi Superman alias Clark Kent pada pertengahan tahun 1990an.

Clark Kent dan Lana Lang

3. Di masa modern, Lana Lang akhirnya menikahi Pete Ross dan tinggal di Washington DC, namun bercerai beberapa saat kemudian. Anak ke-2 pasangan ini diberi nama Clark Ross. Pete Ross akhirnya menjadi Senator dan kemudian menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat. Saat itu presidennya adalah Lex Luthor. Belakangan Pete Ross sesaat juga menjabat menjadi Presiden Amerika Serikat, ketika Lex di-impeach.

Pencipta Tokoh Superman - Jerry Siegel & Jos Shuster

4. Para pencipta tokoh ini - Jerry Siegel dan Joe Shuster - menjual hak patennya ke DC Comics (Detective Comics) pada Maret 1938 sebesar USD 130. Paling tidak di masa itu, angka tersebut sudah lumayan besar. Menurut artikel Superman di wikipedia, sama dengan nilai sebesar USD 2.200 di masa sekarang.

Superman dengan rantai Kryptonite

5. Kelemahan Superman adalah pecahan Planet Krypton bernama Kryptonite. Tapi sebenarnya kelemahan ini baru diciptakan sekitaran tahun 1943. Saat itu pengisi suara tokoh Superman di drama radio - Bud Collyer - merasa lelah dan ingin beristirahat dan merasa perlu diciptakan plot yang menjelaskan ketidak hadirannya. Karenanya diciptakanlah kejadian jatuhnya meteor dari Krypton yang melemahkan Clark Kent, dan Bud memperoleh waktu liburnya.


Clark Kent - Penyamaran Superman

6. Bagaimana caranya Clark Kent bisa tidak dikenali sebagai orang yang sama dengan Superman. Kok bisa? Di komik dijelaskan kalau Clark Kent memberi warna pada kaca matanya, sehingga matanya memiliki warna yang berbeda, memakai baju yang cukup longgar serta mampu mengatur suaranya sehingga berbeda dengan Superman.

Lompatan Superman

7. Pada awal cerita, Superman tidak memiliki kemampuan terbang, melainkan memiliki lompatan yang cukup tinggi. Namun hal ini diprotes oleh para animator di Max Fleischer Studios di saat proses pembuatan animasi tokoh ini, karena terlalu sulit dan memakan banyak biaya membuat animasi seperti ini. Mereka meminta Superman agar memiliki kemampuan terbang, karena ini lebih mudah dan murah.

Jenis-jenis batu Kryptonite

8. Batu Krypton alias Kryptonite punya 5 warna. Kryptonite berwarna hijau membuat Superman lemah, tapi anehnya kalau si Man of Steel ini terkena paparan radiasi Kryptonite berwarna pink, maka dia akan menjadi gay. Hahahaha... gawats man. ^_^

Inisial LL di Kehidupan Superman - Superman #157

9. Sang pencipta tokoh superhero ini sangat suka sekali dengan inisial LL. Lihat saja contohnya Lois Lane, Lana Lang, Lex Luthor, Linda Lee, Lori Lemaris, Lyla Lerrol, dan masih banyak lagi. Ada rumor kalau inisial LL ini berasal dari nama pacar pertama Joe Shuster. Tapi rumor ini tidak pernah bisa dikonfirmasi ke beliau.

Cuplikan foto cerita pendek The Reign of Superman

10. Jauh sebelum diterbitkan di DC Comics, Jerry Siegel dan Joe Shuster menciptakan tokoh Superman dalam cerita pendek - The Reign of Superman (1933). Menceritakan Bill Dunn, seorang tunawisma yang menjadi kelinci percobaan seorang ilmuwan gila yang merubahnya menjadi orang jahat yang memiliki kekuatan telepati. Bill kemudian membunuh ilmuwan tersebut dan mencari uang melalui cara yang illegal, berjudi di pacuan kuda atau bermain saham.

Semoga artikel seri ke-2 untuk menyambut film Batman vs Superman : Dawn of Justice ini cukup menghibur dan membawa manfaat pengetahuan. ;)

Tunggu artikel kami masih dalam seri yang sama selanjutnya - 10 Fakta Unik Film Batman v Superman.

Selasa, 29 Maret 2016

10 Fakta Unik Terkait Batman

10daftarsaya.blogspot.co.id - Di pertengahan semester pertama 2016 ini kita akan bisa menonton film paling fenomenal, yaitu Batman vs Superman : Dawn of Justice yang disutradarai oleh Zack Snyder. Tokoh utama film ini adalah Ben Affleck (Bruce Wayne alias Batman), Henry Cavill (Clark Kent alias Superman), Gal Gadot (Diana Prince alias Wonder Woman) dan Jesse Eisenberg (Lex Luthor). Film ini ditunggu-tunggu para penggemar ke-2 superhero keren ini, sehingga sudah banyak dibicarakan bahkan sejak pertengahan tahun 2015. Di artikel kali ini, saya akan memperkenalkan atau sebutan yang paling cocok mengupas siapa sih Batman ini dan fakta menarik terkait tokoh superhero ini. Artikel ini merupakan bagian 1 dari 3 artikel terkait film Batman vs Superman. Lalu apa yang mau saya sajikan di artikel ini? Pingin tahu? Lanjut baca ya sob.

Sumber : DC Comics

 

Sejarah Batman


Sebelum mengulas fakta unik terkait tokoh Batman, bagi yang belum kenal. Karakter komik ini diterbitkan oleh DC Comics. Batman adalah tokoh super kaya bernama Bruce Wayne. Julukan yang dimilikinya ada 3 seperti Caped Crusader, Dark Knight dan Matches Malone.


Kekayaan yang dimilikinya bisa dibilang tak kan habis tujuh turunan. Beliau adalah CEO dari Wayne Enterprises yang diwariskan dari ayahnya - Dr. Thomas Wayne yang juga memperoleh perusahaan ini dari ayahnya Patrick Wayne - yang terbunuh di jalanan Gotham City saat Bruce masih anak-anak. Wayne Enterprises ini memiliki banyak cabang usaha, tapi yang terutama adalah sebagai kontraktor persenjataan canggih untuk militer. Oh ya, nama sang ibu Martha Wayne ya guys. ^_^

Sumber : weknowyourdreamz.com


Bruce Wayne alias Batman memiliki keahlian bela diri dan kecerdasan di atas rata-rata, plus dengan harta berlimpah mampu memiliki gadget atau peralatan berteknologi super canggih, seperti Batarang, Batmobile dan Utility Belt yang berisi puluhan peralatan tempur canggih lainnya. Bisa dibilang Batman selalu mampu beberapa langkah lebih unggul dalam hal strategi dibandingkan musuh-musuhnya dan termasuk juga polisi Gotham City.

Foto Batmobile dalam film Batman & Batman Returns - Sumber : en.wikipedia.org


10 Hal Menarik dan Unik Tentang Batman

Ada 10 hal yang bisa saya catat dari tokoh superhero bernama Batman, yang diciptakan oleh Bob Kane dan Bill Finger.

Sumber : comicvine.gamespot.com
1. Karakter superhero yang tidak memiliki kekuatan super, namun mampu mengalahkan lawan-lawannya dengan kemampuan bertarung dan kecerdasan yang dimilikinya. Tentu saja dibantu dengan peralatan tempur yang super canggih.

Sumber : Robert Bruce dari danpodan.weebly.com dan "Mad" Anthony Wayne dari en.wikipedia.org


2. Nama Bruce Wayne merupakan gabungan dari nama tokoh Skotlandia yang juga Komandan The Knights Templar bernama Robert Bruce dan General "Mad" Anthony Wayne - seorang jenderal di ketentaraan Amerika Serikat. Nama ini diberikan oleh Bill Finger.

Sumber : batman.wikia.com

 3. Pertama kali superhero ini muncul di komik Detective Comics No. 27 edisi Mei 1939.



Sumber : francescofrancavilla.com


4. Saat pertama kali tampil di komik, Batman adalah tokoh yang memiliki senjata api dan suka sekali membunuh dan bahkan menembak musuh-musuhnya tanpa rasa kasihan. Ada satu episode di mana Batman begitu kuat menendang musuhnya, sehingga lehernya patah. Karakter kejam ini terus berlanjut sejak pertama kali terbit sampai dengan tahun 1950an. Belakangan sifat karakter ini dirubah menjadi tokoh superhero yang lebih ramah dan tidak mau membunuh musuhnya apalagi memakai senjata api.

Sumber : Whatculture

5. Dr. Fredric Wertham pernah menyatakan bahwasanya tokoh Batman dan Robin sebagai gay atau paling tidak dicurigai. Aneh juga ya... hehehe.

Sumber : Wikipedia

6. Bob Kane dan Bill Finger mengakui bahwasanya tokoh Batman diilhami oleh beberapa hal. Kekayaannya dari film Mask of Zorro (1920), identitas ganda dari tokoh The Shadow (drama radio tahun 1930an) dan jubah bersayapnya dari gambar Ornithopter dari Leonardo Da Vinci.


Sumber : Pinterest

7. Luke Skywalker (Mark Hamill) adalah salah satu tokoh pengisi suara Joker. Hal ini terjadi di awal 1990-an, pada film Batman : Mask of The Phantasm dan Batman : The Animated Series, begitu juga pada video game Batman : Arkham Asylum dan Batman : Arkham City.

Sumber : GothamVillage

8. Kota Gotham sebenarnya juga ada di dalam peta dunia, tepatnya berada di daerah Nottingham - Inggris.

Sumber : www.amusingplanet.com

9. Negara Turki memiliki kota dengan nama Batman, tepatnya di daerah Anatolia - Turki Tenggara. Nama Batman berasal dari nama sungai dan merupakan singkatan dari nama gunung yang ada di dekatnya yaitu Bati Raman. Bahkan walikota Batman - Huseyin Kalkan - pernah dikatakan ingin menuntut Warner Bros dan Christopher Nolan saat film Batman : The Dark Knight ngetop waktu itu. Lucunya lagi, diketahui bahwasanya kota ini diberi nama itu pada tahun 1957, sedangkan komik Batman terbit pada 1939. Jadi jelas saja, tuntutan si walikota malah jadi bahan olok-olok, atau sekedar pemberi sensasi popularitas saja.


Sumber : wikipedia

10. Apa ya kira-kira film pertama Batman ? Jawabannya adalah Batman, Dracula (1964) yang disutradarai oleh Andy Warhol yang juga merangkap sebagai produser. Film ini dibuat tanpa izin dari DC Comics.

Silakan baca artikel terkait film Batman Vs Superman : Dawn of Justice, yaitu 10 Fakta Unik Superman.
Copyright © 2015 Serba Top 10
| Distributed By Gooyaabi Templates