Sabtu, 03 Maret 2012

10 Pose Yoga untuk Mengecilkan Perut - Bag. 1

Yoga sebagai olahraga sudah terkenal berguna dalam menenangkan jiwa dan mengurangi stress, tapi kali ini saya akan membuat artikel mengenai manfaat yoga sebagai salah satu alternatif olah raga alami untuk mengecilkan perut. Dari hasil riset, saya bisa mengumpulkan 10 pose atau yoga asana yang sangat bermanfaat sebagai cara mengecilkan perut buncit dan membuang lemak berlebih di perut dan tubuh anda.

Praktekkan secara rutin dalam sekitaran 3 minggu dan anda bisa lihat manfaat yoga sebagai pelangsing perut. Artikel ini saya kumpulkan dari beberapa situs yoga di internet dan juga buku-buku yoga yang saya miliki/baca.

Sebagai olah raga yang murah meriah, alat yang anda butuhkan hanya matras untuk yoga, tapi alas lainya pun ‘no problem’, yang penting bersih, nyaman dan tentu saja tidak licin.


1. Pose Marjarasana (Pose Kucing Sapi – Cat Cow Pose, atau ada juga yang sebut Cat Pose doank…)
Manfaat: Gerakan ini sangat cocok bagi siapa saja, bahkan bagi pemula, juga aman bagi wanita hamil. Asana ini adalah pose yoga yang sesuai dalam membentuk otot perut dan meningkatkan kelenturan tulang belakang. Menurut pakar, postur ini bisa membantu melegakan atau meminimalkan emosi anda.
Langkah-langkah: 
a. Mulai dengan posisi awal, yaitu meletakkan lutut tegak lurus dengan pinggul dan pergelangan tangan tegak lurus dengan bahu. Posisikan tulang belakang anda lurus dan leher di posisi yang benar searah dengan tulang belakang.
b. Tarik napas, lengkungkan ibu jari kea rah lantai, turunkan perut dan angkat leher anda dan memandang ke atas. Gerakan harus dimulai dari ujung tulang ekor, jadi leher adalah bagian terakhir yang bergerak.
c. Hembuskan napas, istirahatkan bagian atas kaki anda di atas matras, lengkungkan tulang belakang dan turunkan kepala anda sehingga pandangan anda mengarah ke pusar anda.
d. Ulangi pose/asana bersamaan dengan tarikan dan hembusan nafas anda. Lakukan sampai 5 kali tarik-hembus nafas. Setelah itu kembali ke posisi awal (point a di atas).

2. Pose Bhujangasana (alias Cobra Pose)
Manfaat: Pose Yoga ini bermanfaat dalam melenturkan dan juga menguatkan tulang belakang. Juga bisa menyembuhkan sakit punggung dan bisa mengurangi lemak di perut buncit anda.
Langkah-langkah: 
a. Letakkan perut dan dahi di matras, lengan rapat di samping bahu. Rapatkan kaki. Angkat bagian atas tubuh anda dengan memanfaatkan kekuatan otot punggung sehingga kepala anda terangkat ke atas.
b. Jangan sekali-kali memakai kekuatan tangan anda. Biarkan tangan ini hanya sebagai penyangga tubuh bagian atas anda. Tingkatkan kesulitas gerakan ini dengan meletakkan tangan di atas paha anda, jika anda sudah sanggup melakukannya.

3. Pose Navasana (Boat Pose)
Manfaat: Menguatkan otot perut dan punggung.
Langkah-langkah: 
a. Dalam posisi duduk, angkat kaki dan bagian atas tubuh sehingga membentuk huruf V. Tahan posisi ini selama 30 detik dan lakukan 2 kali.
b. Jika masih kesulitan dalam melakukan asana ini sebagai pemula, bisa mulai dengan cara melipat lutut. Dan bila punggung terasa tegang dan tidak nyaman, anda bisa pakai bangku atau kursi untuk menopang kaki dan bagian atas tubuh.

4. Pose Dhanurasana (Bow Pose)
Manfaat: Mengurangi lemak perut. Dalam melakukan pose, sirkulasi darah ke akan berkurang, dan setelah pose dalam masa istirahat sirkulasi darah akan akan mengalir dalam jumlah yang lebih besar, dan hal ini bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan tulang belakang dan juga meningkatkan vitalitas.
Langkah-langkah: Telungkup, bengkokkan lutut dan pegang pergelangan kaki. Tarik tangan dan tekan dengan kaki anda, posisikan lutut menempel, sampai posisi anda mirip seperti perahu dan hanya perut yang menumpu tubuh anda di lantai. Pandangan ke arah atas.

5. Pose Uddyiana Bandha
Manfaat :
a. Asana ini akan membentuk dan mengurut isi bagian dalam perut anda.
b. Juga bermanfaat mengurut jantung sehingga jantung menjadi kuat dan sanggup memompa darah lebih efektif. Sirkulasi darah juga menjadi lebih baik dan resiko serangan jantung akan jauh berkurang.
c. Mengobati masalah hati, sembelit (konstipasi) serta gangguan pencernaan.
d. Mengurangi lemak di perut dan memperkuat otot-otot perut.
e. Memperbaiki fungsi-fungsi kelenjar adrenal dan kelamin.
Langkah-langkah : Ada 2 gerakan pada asana ini.
Gerakan 1 :
Berdiri dan posisikan kaki anda berjarak 30 cm satu sama lain dan lutut sedikit menekuk, sedikit bungkukkan dan letakkan tangan di atas lutut. Tarik napas dalam-dalam sambil menekan perut ke arah luar dan kemudian hembuskan napas sambil menekan perut ke dalam. Tahan napas sejenak, sambil menekan perut anda ke dalam lebih jauh, sehingga perut anda tampak kosong dan tahan posisi ini selama sekitaran 10 detik.
Gerakan 2 :
Prinsip gerakannya mirip seperti Gerakan 1, tetapi menukar gerakan menahan perut setelah menghembuskan napas dengan menekan perut anda ke dalam dan ke luar secara cepat sebanyak 10 kali tanpa menarik napas. Setelah selesai kembali berdiri tegak dan bernapas secara normal.

Berhubung cukup panjangnya artikel ini dan mencegah loading halaman yang terlalu lama, saya membaginya menjadi 2 bagian. Kunjungi artikel lanjutannya: 10 Pose Yoga untuk Mengecilkan Perut - Bag. 2 atau anda bisa juga kunjungi artikel olahraga pelangsing perut lainnya di blog ini.

Untuk anda yang berminat tahu lebih lanjut mengenai yoga, bisa kunjungi blog tempat latihan yoga di Dumai ini. Artikelnya cukup sering di-update, jadi cocok juga untuk di-bookmark.

Related Post



3 komentar: