Header Ads

Toko Online Pertanian dan Media Tanam

10 Tips Untuk Kesehatan Jantung Anda

Kalau kita membaca tulisan dari Jennifer Mieres, M.D. - seorang pakar jantung dari American Heart Association (AHA), yang menyatakan bahwasanya Kesehatan Jantung akan sangat dipengaruhi oleh bagaimana kita melatih dan meningkatkan denyut jantung kita. Artikel saya kali ini akan merangkum 10 Tips untuk menjaga kesehatan jantung, dengan mengacu kepada pernyataan di atas.



Semua latihan yang terkait di sini tidak harus dilakukan di gym, tetapi bisa anda lakukan di mana saja, entah itu di rumah, di tempat kerja atau sambil bermain dengan keluarga anda.

  1. Melakukan latihan aerobic ringan minimal 30-60 menit setiap hari. Latihan ini bukan berarti anda musti ke gym, cukup dengan naik/turun tangga, berjalan cepat, atau apa saja yang bisa meningkatkan denyut jantung.
  2. Kegiatan seperti jogging, berenang, dan bisa juga ditambah dengan yoga, juga sangat bermanfaat.
  3. Jangan manjakan diri anda. Kegiatan rutin sehari-hari pun bisa dijadikan ajang latihan jantung, misalnya parkirlah kendaraan di posisi yang cukup jauh dari kantor anda (tentu saja cari lokasi yang aman ya...), memilih naik tangga dibanding lift atau escalator, jalan kaki menuju lokasi makan siang dan bukannya naik kendaraan. Anda juga bisa melakukan kegiatan rutin di rumah seperti menyapu, pel dan jalan-jalan keliling kompleks rumah anda. Semakin anda memilih aktifitas ringan tetapi rutin ini, jantung anda akan terlatih dan sehat.
  4. Jika anda memiliki waktu dan tentu saja ada duit yang bisa disisihkan, silakan ikuti kelas di gym dan minimal ikuti kegiatannya secara rutin 3 kali seminggu.
  5. Sebagai pelengkap untuk latihan pada point 1 di atas, anda bisa tingkatkan intensitas latihan dengan menambahkan latihan beban. Latihan ini tidak terkait langsung dengan jantung anda, tetapi bisa bermanfaat untuk menjaga otot dan tulang, terutama bagi mereka yang berada di usia 40 tahunan ke atas.
  6. Jauhi rokok, yang telah terbukti berpengaruh buruk kepada jantung dan sistem peredaran darah di tubuh anda. Rokok bisa menyebabkan stroke dan tekanan darah tinggi. Tak masalah sebanyak apa anda telah merokok selama ini, jika anda berhenti resiko di atas langsung bisa diturunkan sampai 50%. Ingat...!!! merokok di usia 35 tahun ke atas terutama pada wanita sangat beresiko. Jika anda perokok berat, baca 10 tips cara berhenti merokok di artikel saya sebelumnya.
  7. Jauhi makanan yang mengandung lemak, kolesterol dan garam. Lemak jenuh dan trans fat adalah musuh kesehatan kita. Jika anda membaca produk bertuliskan "partially hydrogenated", itu artinya makanan itu mengandung trans fat. Jauhi produk itu. Makanan seperti daging, gorengan, margarine, sebagian besar jenis roti, cracker, makanan ringan kemasan, semuanya mengandung lemak jahat ini. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran minimal 5-10 kali dalam sehari. Hal ini tidak hanya mencegah penyakit jantung tetapi juga mengurangi resiko penyakit kanker. Juga konsumsi makanan yang mengandung asam lemak Omega 3. Silakan baca artikel 10 Jenis Buah untuk Kesehatan Jantung.
  8. Ketahui berapa berat ideal anda, dan usahakan untuk mencapainya. Kegemukan selain berbahaya untuk jantung juga beresiko terkena diabetes. Lingkar pinggang anda juga bisa menjadi patokan untuk mengetahui kegemukan ini. Bila lingkar pinggang lebih dari 100 cm atau kira-kira 40 inch bagi pria dan  90 cm atau 35 inch bagi wanita, bisa dipastikan anda sudah over-weight alias kegemukan.
  9. Jauhi stress dan depresi, dan jaga intensitas tidur anda. Kita sudah dengar kebutuhan tidur adalah 8 jam sehari, tetapi yang belum banyak diperhatikan adalah mengenai keteraturannya. Tidur teratur berarti, selalu tidur dan bangun di jam-jam yang sama. Jangan tergoda bergadang di ujung minggu, dan juga jangan tidur karena mata sudah mengantuk, sementara jam tidur anda belum tercapai.
  10. Kesemuanya menjadi sempurna bila anda selalu melakukan check-up rutin. Periksakan tekanan darah, tingkat kolesterol dan tingkat gula darah. Ketiga tes ini akan menginformasikan kepada anda seberapa tinggi resiko anda terkena penyakit jantung sedini mungkin.

Kesemua tips ini sangat simpel, tetapi membutuhkan disiplin dan keinginan yang besar untuk mematuhinya. Semoga artikel ini bermanfaat. ;)

2 komentar:

  1. Nach yang ini memang penyakit yang mematikan dan sering membikin maut mendadak pada penderitanya,katanya penyakit ini nggak hanya menyerng orang yang punya record penyakit jantung ya gan,orang yang sehat juga bisa kena serangan mendadak juga

    BalasHapus
  2. wah trerima kasih infonya bang. sangat membantu

    BalasHapus