Breaking News
Loading...

10 Cara Berhenti Merokok

Seperti janji saya beberapa hari yang lalu melalui artikel 10 Penyakit Mematikan dan Fatal, di sini saya ingin membahas 10 cara berhenti merokok. Ribuan orang setiap harinya telah berhasil berhenti merokok, tentunya harus didahului kemauan dan niat yang kuat (malah boleh dibilang teramat sangat kuat) dan cara yang benar dengan didukung lingkungan yang sesuai. Jangan waktu mau berhenti merokok anda gabung dengan genk perokok.

Komposisi Racun dalam Rokok


Jadi berikut daftar tips berhenti merokok yang saya sadur dari situs www.quit-smoking-stop.com. (Update : Turut berduka, sayangnya situs ini sudah tiada... :( )

1. Stop merokok secara mendadak atau istilah sono-nya ‘cold turkey’, teknik ini seringkali dipakai banyak orang sebagai cara untuk berhenti merokok. Sebaiknya anda harus persiapkan mental untuk tantangan selama proses berhenti ini.

2. Tentukan target kapan anda akan berhenti merokok total, dan mulailah proses berhenti tadi dengan cara mengurangi konsumsi rokok secara bertahap. Misal 5 batang per hari atau bisa juga membatasi untuk merokok 1-2 jam sekali, dan frekuensinya terus dikurangi. Di sini dibutuhkan disiplin, target tangal berhenti merokok di atas harus dituruti dan tidak boleh ditawar jika anda memang benar-benar serius.

3. Berhenti merokok dengan Varenicline (Chantix atau Champix). Varenicline adalah obat yang dipakai untuk menangani kecanduan merokok dalam bentuk pil. Dengan mengkonsumsi pil ini sebelum merokok, anda tidak akan merasakan kenikmatan merokok, sehingga akan timbul penolakan dari diri anda sendiri terhadap rokok.

4. Mengikuti program konseling yang khusus diperuntukkan bagi para pecandu rokok. Coba diskusikan juga dengan dokter anda, jika anda tidak mengetahui lokasi konseling terdekat atau coba cari di internet.

5. Terapi dengan substitusi nicotin (NRT = Nicotin Replacement Therapy). Produk pengganti nikotin ini memang masih mengandung nikotin tetapi dalam jumlah yang amat kecil, yang berguna dalam menekan keinginan merokok. Produk NRT itu biasanya adalah nicotine inhaler, nicotine gum, nicotine nasal spray, nicotine lozenges dan nicotine patch.

6. Hipnotis juga bisa dipakai untuk menjadi cara berhenti merokok. Dalam kondisi terhipnotis pikiran bawah sadar anda akan muncul ke permukaan dan lebih terbuka untuk pengaruh dari luar, dalam hal ini memasukkan pikiran bahwasanya anda tidak lagi butuh rokok dan bisa jadi lebih baik tanpanya.

Hipnotis bisa dilakukan dengan memanfaatkan tenaga professional atau anda bisa juga belajar sendiri.  Buku berikut cukup bermanfaat dalam mengajarkan teknik hipnotisme dan juga tersedia bersi cd audio. Judul buku bermutu ini adalah ‘Quit Smoking Today: Without Gaining Weight [With CD (Audio)] BY McKenna, Paul

7. Memakai obat dengan merk dagang Zyban yang berdasarkan penelitian bisa menghentikan merokok pada satu dari tiga perokok dalam kurang dari satu bulan.

8. Mencari buku panduan berhenti merokok. Cari buku yang telah terbukti dan telah menjadi best selling. Saya menyarankan anda buku yang berjudul ‘The Easy Way to Stop Smoking: Join the Millions Who Have Become Non-smokers Using Allen Carr's Easy Way Method’. Buku ini merupakan best seller di Amazon.

Berikut kutipan dari buku tersebut :
Allen Carr’s innovative Easyway method—which he developed after his own 100-cigarette-a-day habit nearly drove him to despair—has helped millions kick smoking without feeling anxious and deprived. That’s because he helps smokers discover the psychological reasons behind their dependency, handle the withdrawal symptoms, avoid situations when temptation might become too strong, and stay smoke-free. Carr discusses issues such as nicotine addiction; the social “brainwashing” that encourages smoking; the false belief that a cigarette relieves stress; the role boredom plays in sabotaging efforts to quit; and the main reasons for failure. With this proven program, smokers will throw away their packs for good.
9. Beberapa produk ‘Stop Smoking Aids’ juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi cara berhenti merokok. Jenis produknya cukup banyak, herbal misalnya.

10. Beberapa alternatif terapi lainnya seperti akupunktur, suntikan berhenti merokok, atau terapi laser bisa juga menjadi pilihan anda untuk menjadi cara berhenti merokok.

Dari 10 cara berhenti merokok di atas, anda bisa pilih metoda yang anda rasa sesuai, gampang anda laksanakan dan tentu saja sesuai dengan isi kantong. ;)

Dan sebagai penutup adalah nasihat bagi yang muda-muda, jika anda masih baru belajar merokok, segeralah berhenti, selain berbahaya bagi kesehatan merokok itu bisa menguras kantong. Jika sudah kecanduan, proses berhenti merokok menjadi proses yang sulit dan butuh kemauan dan support dari orang sekitar yang cukup besar.

0 comments :

Posting Komentar

Back To Top