Breaking News
Loading...

Ini Dia 10 Peringkat Harga dan Jenis Ayam Termahal Di Dunia


10daftarsaya.blogspot.com – Hobi pelihara ayam? Jenis ayam apa yang anda sukai? Ayam petarung (laga), hias atau ternak? Artikel 10 Peringkat Harga dan Jenis Ayam Termahal di Dunia ini, khusus untuk yang hobi pelihara ayam hias. Tapi bagi yang gak pun tetap baca, karena pasti mencengangkan isinya dan iseng-iseng nambah ilmu juga kan…!!?


Bagi pembaca yang belum tahu, ada lo jenis ayam tertentu yang memiliki harga cukup fantastis. Tapi bagi mereka yang hobi, merogoh kocek dalam-dalam bukanlah masalah, demi mendapatkan jenis ayam eksotis yang tentu saja tidak gampang untuk didapat ini.

Lalu apa saja jenis ayam hias termahal di dunia itu?



10 Jenis Ayam Termahal Di Dunia


Peringkat ini kami urutkan dari yang termurah sampai ke yang termahal. Biar bacanya jadi seru guys… hehehe.

Oh ya, sebelum masuk ke artikel, perlu kami jelaskan harga yang berada di dalam kurung pada setiap nama jenis ayam di dalam daftar ini berarti Harga Anakan Unsexed (anakan yang belum diketahui jenis kelaminnya).

10. Yamato Gunkei (USD 60)


Yamato Gunkei - ayam termahal di dunia
Yamato Gunkei - greenfirefarms.com
Ini peringkat terbawah di dalam Daftar Jenis Ayam Termahal Di Dunia ini. Walau sebenarnya ada 3 jenis ayam yang memiliki harga serupa dalam 10DaftarSaya ini, yaitu peringkat 10, 9 dan 8.

Ayam hias yang satu ini berasal dari Jepang. Ayam ini dulunya dipelihara di halaman istana kekaisaran Jepang.

Apa keunikannya? Muka ayam ini akan berkerut seiring dengan pertambahan usianya. Sedikit di bagian dada tidak ditumbuhi bulu, sehingga tampak kulit daging yang berwarna merah terang.

Otot ayam ini juga kekar membuat cara berjalannya rada kaku. Jika diperhatikan mirip atlit sumo sedang beraksi di arena.

Lihat foto di atas. Otot kakinya berotot ditambah dengan bentuk tapak kaki yang unik. Sehingga ada yang menjuluki kaki ayam hias ini layaknya kaki dinosaurus mini.

Ayam hias ini cocok untuk menjadi ayam peliharaan. Jadi serasa punya dinosaurus mini di halaman rumah anda ya?

Berapa dong harganya?

Untuk ayam anakan yang belum ketahuan kelaminnya alias unsexed, di pasaran Amerika dibandrol seharga USD 60.

9. Twentse atau Kraienkoppe (USD 60)


Ayam jenis Twentse alias Kraienkoppe berasal dari Belanda. Ditemukan di daerah perbatasan antara Jerman dan Belanda.

Harga untuk anakan unsexed salah satu jenis ayam termahal di dunia ini adalah USD 60.

Jenis Ayam Termahal Di Dunia - Twentse
Ayam Twentse - Sumber Foto: dierenhandelhoogendoorn.nl


Ayam jago atau jantan dari jenis Twentse ini tampak gagah. Postur tubuhnya pun tegak dan terkesan selalu waspada terhadap apa yang terjadi di lingkungannya.

Walau postur-nya tampak ‘keras’ dan buas, tapi ayam ini cukup ramah dengan manusia yang merawatnya, layaknya anjing.

Ada yang bilang Twentse merupakan hasil persilangan dari ayam Leghorn dan Malay.

Ayam Twentse jantan selain sesuai menjadi ayam hias, juga tepat dipakai menjadi ayam laga atau ayam petarung.

8. Spitzhauben (USD 60)


Ayam ini berasal dari Appenzell, propinsi di bagian timur laut Swiss, di dekat perbatasan dengan negara Jerman dan Austria. Itu kenapa ras ayam ini juga sering dinamai Appenzell Spitzhauben.

Ayam Termahal Di Dunia - Golden Spitzhauben
Ayam Golden Spitzhauben - Sumber Foto: cacklehatchery.com


Karakteristik yang paling gampang dikenali adalah bulu jengger yang tegak, mirip seperti rambut bergaya ‘Mohawk’.

Ayam ini memiliki 2 jenis warna. Ada yang putih atau disebut Silver Spitzhauben dan ada juga yang berwarna kecoklatan, atau Golden Spitzhauben.

Dari sisi harga Silver Spitzhauben lebih mahal dibanding yang Golden. Lo kok bisa?

Ayam Termahal Di Dunia - Silver Spitzhauben
Ayam Silver Spitzhauben - Sumber Foto : greenfirefarms.com

Itu karena keunikan ayam Silver Spitzhauben, yaitu bulunya yang mirip dengan anjing Dalmatian. Lebih keren kan? Gak percaya? Lihat aja fotonya di atas.

Harga satu ekor anakan unsexed Golden Spitzhauben sekitar USD 15, sedangkan yang Silver Spitzhauben mencapai USD 60.

Jadi belum tentu kalau Gold akan lebih mahal dari Silver guys. 😋

7. Orust (USD 100)


Nama ras ayam yang satu ini diambil dari daerah asalnya, yaitu Orust – sebuah pulau di bagian barat Swedia. Walau sebenarnya di Pulau Tjörn, ayam ini juga bisa ditemukan.

Ayam ini cukup tangguh. Di habitat aslinya, mereka hidup dengan memakan sisa-sisa ikan yang ada di pantai.

Menurut situs greenfirefarms.com populasi dari ras jenis ini di dunia berdasarkan sensus di tahun 2013 hanyalah 463 ekor. Cukup langka ya…!!?

Keunikan dari ayam Orust adalah corak warna burik hitam dan putih di seluruh tubuhnya. Bahkan corak yang sama bisa dilihat sampai di bagian kaki.

Ayam Hias Termahal Di Dunia - Orust
Ayam Orust - Sumber Foto: greenfirefarms.com

Keunikan lain dari Ayam Orust ini adalah warna pial (cuping telinga) pada ayam jantan/jago, akan berwarna ungu di kala ayam ini marah atau di saat melindungi betinanya.

Harga anakan unsexed dari ras jenis ini adalah USD 100.

6. Pavlovskaya (USD 100)


Ayam ini berasal dari Rusia. Disebut-sebut ditemukan sekian abad yang lalu di kota Pavlovo (200 mil atau 322 km di Timur Moscow). Ada yang bilang ini adalah ayam yang paling antik atau ras yang paling tua di antara 10 jenis ayam di 10DaftarSaya ini.

harga ayam termahal - White Pavlovskaya
Ayam White Pavlovskaya - Sumber Foto: greenfirefarms.com

Menurut cerita, jenis ayam termahal di dunia ini adalah hasil dari perkawinan antara Ayam dengan Burung Grouse.

Pada awal 1900-an, Ayam Pavlovskaya pernah nyaris punah dari muka bumi, hanya menyisakan 2 ekor ayam jantan saja. Sayangnya 1 ekor dari keduanya tidak subur alias tidak bisa memiliki keturunan alias mandul.

Agar tidak punah, seekor ayam jantan yang subur tersebut dikawinkan dengan ayam betina dari ras berbeda, tentunya dipilih ras yang memiliki karakteristik yang mendekati. Anak dari hasil perkawinan ini kemudian dikawinkan lagi dengan sang ‘ayah’. Sebagai hasilnya diperoleh kembali turunan yang membawa sifat asli Ayam Pavlovskaya tadi.

Ada 2 jenis warna dari peringkat ke-6 jenis ayam termahal di dunia ini, yaitu White Pavlovskaya dan Pumpkin Pavlovskaya.

harga ayam termahal di dunia - pumpkin pavlovskaya
Ayam Pumpkin Pavlovskaya - Sumber Foto: greenfirefarms.com

Karakteristik yang membuat ayam ini menarik adalah adanya bulu di bagian kaki, yang mirip dengan apa yang dimiliki oleh Burung Grouse. Belum lagi jambul alias bulu jengger-nya yang khas.

Harga dari ke-2 jenis warna ayam Pavlovskaya (White dan Pumpkin) untuk ukuran anakan unsexed adalah USD 100.

5. Olandsk Dwarf (USD 100)



Ayam kate dari Swedia ini cukup punya penggemar di ‘luar’ sana. Ayam ini sudah langka guys. Jadi wajar juga kan jadi salah satu jenis ayam termahal di dunia…!!!?

Pada tahun 1989 diperkirakan hanya ada 54 ekor jenis ayam ini. Walau sekarang sudah berhasil dibiakkan, dan populasinya sudah sekian ratus ekor (hehehe… belum ada survei lagi untuk jumlah pastinya). 😜

Asal dari salah satu ayam termahal di dunia ini adalah Pulau Olands, Swedia. Pulau kedua terbesar di negara itu.

Ayam Kate Termahal Di Dunia - Olandsk Dwarf
Ayam Kate Olandsk Dwarf - Sumber Foto: greenfirefarms.com

Harga anakan unsexed Ayam Olandsk Dwarf adalah USD 100.

4. Liege Fighter (USD 100)



Ini dia ayam hias yang bisa juga dibanggakan sebagai ayam laga atau ayam petarung. Ayam yang sulit untuk ditundukkan oleh ayam laga dari jenis lain. Bahkan elang yang ingin memangsa betina atau anak-anaknya harus cukup berhati-hati bila ayam jago ini sedang ‘tugas jaga’. Hehehe…

Liege Fighter berasal dari Belgia. Di negara aslinya nama ayam ini adalah Luikse Vechter. Walau tampilannya sangar, tapi unggas yang satu ini cukup bersahabat dengan manusia.

Jenis Ayam Laga Termahal Di Dunia - Liege Fighter
Ayam Laga Liege Fighter Corak Bulu 1 - Sumber: greenfirefarms.com

Unggas ini disebut-sebut merupakan hasil persilangan antara ayam Belgia dengan ayam yang berasal dari Asia. Persilangan dilakukan pada tahun 1800-an di bagian Timur Belgia.

Ayam laga ini cukup besar. Ayam jantan dewasa bisa memiliki tinggi 75 cm, dengan berat mencapai 5,5 kg per ekor-nya. Jika diperhatikan kaki ayam ini juga sangat besar. Bahkan ada yang bilang sampai sebesar kaki ayam kalkun.

Ayam Liege Fighter Corak Bulu 2 - Sumber: greenfirefarms.com

Ras Liege Fighter memiliki beberapa corak warna bulu. Bahkan ada sekitar 10 corak warna dari unggas ini.

Coba lihat foto ayam ini. Lihat sorot matanya yang tajam. Kesan itu muncul karena alis matanya yang menonjol.

Harga pasar ras Liege Fighter untuk ukuran anakan unsexed adalah USD 100.

3. Deathlayer (USD 100)


Salah satu jenis ayam termahal di dunia ini cukup antik lo guys. Asalnya dari Jerman. Punya sejarah yang cukup panjang, bahkan sejak 400 tahun silam.

Jenis Ayam Petelur Termahal Di Dunia - Deathlayer
Ayam Deathlayer 1 - Sumber: greenfirefarms.com

Namanya saja sudah unik guys. Deathlayer atau dalam Bahasa Jerman, ‘Totleger’, yang jika diartikan secara bebas kira-kira ‘bertelur sampai mati’.

Betul guys, namanya sesuai dengan watak ayam betina dari ras ini. Ayam betina dari ras Deathlayer ini terkenal tak kan berhenti bertelur sampai ajal tiba. Ayo… lucu atau serem? Kayaknya dua-duanya deh. Hehehe…

Selain hobi bertelur, keunikan dari Deathlayer adalah corak bulunya sangat cantik guys. Gak kan kalah dari kecantikan ayam hias lainnya.

Gak percaya? Lihat aja fotonya.

Ayam Deathlayer 2 - Sumber: greenfirefarms.com

Harga anakan unsexed untuk Deathlayer adalah USD 100.

2. Svart Hona (Swedish Black Hen) - USD 100


Swedish Black Hen alias ayam hitam Swedia memiliki karakteristik unik yaitu warna hitam di seluruh bagian tubuh. Atau kalau pake Bahasa ilmiah, memiliki sifat fibromelanistic.

Harga Ayam Termahal Di Dunia - Svart Hona Swedish Black Hen
Ayam Svart Hona (Swedish Black Hen) - Sumber: greenfirefarms.com

Karakteristik ayam ini sangat mirip dengan Ayam Cemani. Butuh mata yang terlatih untuk bisa membedakan antar keduanya.

Yang pasti, Ayam Svart Hona lebih tahan dingin dibanding Cemani. Menurut cerita peternak di Amerika sana, ayam ini pernah berada pada suhu -7 °C semalaman tanpa mengalami masalah atau penyakit.

Ayam ini sudah langka, hanya ada kurang dari 500 ekor di Swedia sana. Itu angka dari sensus unggas yang diadakan oleh negara ini.

Kalau sudah langka, lalu berapa dong harga ayam hitam swedia ini?

Berdasarkan data yang kami peroleh pada saat pembuatan artikel ini, harga ayam anakan unsexed adalah USD 100, namun bila sudah berusia sekitar 6-16 minggu bisa menjadi USD 300.

Sedangkan harga Ayam Dewasa bisa di kisaran USD 1.000 per ekor atau USD 2.000 per pasang (jantan dan betina).

1. Ayam Cemani (USD 200)


Jenis Ayam Termahal Di Dunia - Ayam Cemani
Ayam Cemani - Sumber: greenfirefarms.com

Sampai deh kita-kita di posisi jawara Jenis Ayam Termahal Di Dunia.

Ayam hias yang satu ini sangat unik. Memiliki kemiripan dengan Svart Hona (Swedish Black Hen) yang menduduki jenis ayam termahal nomor 2 di atas.

Ayam Cemani di ‘luar’ sana diberi julukan ‘Unggas Lamborghini’. Lo kok bisa?

Ayam Cemani memiliki karakteristik unik, yaitu warna hitam di seluruh bagian tubuhnya. Mulai dari bulu, kulit, jengger, daging, organ tubuh hingga ke tulangnya pun berwarna hitam. Keren gak sih…!!?

Dari namanya, Fans 10DaftarSaya pasti tahu kalau ayam ini berasal dari Indonesia, atau lebih tepatnya Kedu, Jawa Tengah. Itu sebabnya beberapa orang menyebut ayam ini dengan nama Ayam Kedu atau Ayam Kedu Hitam.

Bagi mereka yang percaya mistisisme, ayam ini dipergunakan untuk pengobatan penyakit mistis seperti santet atau untuk ritual ruwatan. Bahkan untuk pembangunan gedung, jembatan atau pabrik juga. Karena dipercaya keampuhan ayam cemani sebagai penyembuh dan menolak bencana (tolak bala).

Karena kelangkaan dan keunikannya, ayam hias ini memiliki harga yang cukup fantastis – paling tidak untuk ukuran ayam tentunya.

Di Amerika, ayam yang sudah dewasa dibandrol seharga USD 2.000 per ekor. Untuk anakan yang belum ketahuan kelaminnya (unsexed) berharga USD 200. Sedangkan Harga Ayam Cemani Remaja (2-3 bulan) dibandrol di kisaran USD 400.

Anakan Ayam Termahal Di Dunia - Ayam Cemani
Ayam Cemani Anakan Unsexed - Sumber: carabudidayaternak.net

Itu kan di luar, bagaimana dong dengan di Indonesia?

Di Indonesia harga telur ayam cemani di kisaran 100 ribu rupiah per butir. Untuk anakan yang belum ketahuan kelaminnya (unsexed) berharga Rp 200 ribu. Sedang yang sudah remaja (sekitar 2-3 bulan) seharga 500 ribu-an, tapi biasanya yang jantan akan sedikit lebih mahal (sekitar 550 ribu rupiah).

Ayam Cemani Dewasa (usia sekitar 7 bulan) jantan berharga 2,5 juta rupiah, sedang yang betina sekitar 1 - 1,5 juta rupiah per ekor.

Untuk Ayam Cemani Betina yang sudah siap bertelur atau pernah bertelur bisa berharga 2 juta-an juga lo. Sedang untuk jantan yang sudah matang atau siap membuahi pasangannya, bisa mencapai harga 3-4 juta.

Itu belum semua guys. Ada jenis Ayam Cemani yang hitam sempurna, dikenal sebagai ‘Ayam Cemani Asli’ atau dalam bahasa Sunda disebut ‘Hayam Hideung’. Itu harganya bisa lebih ‘gila’ lagi. Ayam ini hitam sempurna di seluruh bagian tubuh, bahkan sampai ke lidah-nya.

Hayam Hideung - Ayam Cemani Asli
Ayam Cemani Asli (Hayam Hideung) - alampelikdunia.blogspot.com

Berapa harga ayam hitam sempurna ini? Dari situs pecintabinatang.com kami peroleh informasi bisa mencapai 70 juta-an. WOW…!!!

Itu semua harga di saat artikel ini dibuat lo guys. Ya betul, harga di pertengahan tahun 2017. :)

Jika pembaca kepingin punya salah satu dari ayam hias yang ada di daftar Serba 10 kami ini, sepertinya yang paling mungkin dimiliki cuma Ayam Cemani, berhubung aturan kepabeanan akan cukup sulit membawa ke-9 jenis lainnya masuk ke Indonesia. Ada yang punya pengalaman tentang ini? Share dong di kotak komentar.



Ayam hias bisa mengangkat prestise pemiliknya. Apalagi bila yang dimiliki adalah salah satu dari jenis ayam termahal di dunia yang ada di artikel ini. Jadi, yuk hunting ayam hias termahal di seluruh jagat Indonesia. Mana tahu ada ras lain yang layak masuk ke 10DaftarSaya ini. Silakan berikan komen bila pembaca 10DaftarSaya merasa ada jenis ayam yang patut ditambahkan di artikel ini.

0 comments :

Posting Komentar

Back To Top