Breaking News
Loading...

Arti, Sejarah & 10 Lelucon April Mop – Yang Pasti Belum Pernah Anda Baca


10daftarsaya.blogspot.com – Yuk cari tahu segala hal tentang April Mop, mulai dari Apa Itu April Mop, Sejarah April Mop dan apa saja Lelucon menarik dan lucu yang pernah ada.

Apa yang menarik dari tanggal 1 April?


Dari judul artikel, sudah pasti tahu jawabannya kan?

Ya… April Mop atau kalau di luar sono dikenal juga dengan nama April Fools’ Day atau All Fools’ Day.

Baca terus kalau pembaca ingin tahu arti dan sejarah April Mop.



Arti April Mop


Apa itu April Mop? Mungkin masih ada yang bingung dan tidak tahu apa itu April Mop.

April Mop adalah even tak resmi yang diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 1 April. Orang-orang akan menyambut tanggal atau lebih tepatnya even ini dengan cara menyebarkan berita hoax, atau membuat lelucon untuk menjahili teman atau tetangga.

Kalau di luar sana, bahan lelucon atau orang yang ‘dikerjai’ ini disebut sebagai April Fools. April Fools artinya kira-kira ‘Lelucon atau Olok-olok April’ atau bisa juga bermakna ‘Si Bodoh di Bulan April’.

Proses lelucon biasanya ditutup dengan teriakan ‘April Fool’ oleh mereka yang mengerjai.

Asal-Usul dan Sejarah April Mop


Lalu apa hubungannya antara April Mop dengan tanggal 1 April? Kenapa musti tanggal ini? Apa keterkaitan sejarah April Mop dengan tanggal 1 April tersebut?

Ini dia jawabannya guys.

Ada beberapa kejadian dalam sejarah yang disebut-sebut menjadi asal muasal April Mop. Yuk mari dibaca Sejarah April Mop yang kami kumpulkan dari beberapa sumber.

1. Di Abad Pertengahan atau tepatnya pada 1582, atau tepatnya saat Perancis melakukan peralihan sistem kalender Julian ke Gregorian, sesuai perintah tahun 1563 dari Dewan Trent (Council of Trent) untuk diterapkan di seluruh Eropa. Sebelumnya di Eropa, Tahun Baru dirayakan pada tanggal 25 Maret sampai dengan 1 April.

Dengan perubahan penanggalan tersebut - seperti yang kita ketahui sekarang, Tahun Baru jatuh pada 1 Januari.

Beberapa orang di Perancis masih belum mengetahui perubahan ini. Maklumlah, belum ada Facebook dan Twitter. Mereka masih merayakan Tahun Baru pada tanggal 25 Maret – 1 April tadi. Orang-orang ini lah yang menjadi sasaran lelucon/guyonan.

Secara diam-diam punggung mereka akan ditempeli ikan kertas, yang diberi nama April Fish alias ‘poisson d’avril’. Ikan April ini melambangkan ikan muda, yang gampang dipancing dan dipermainkan.

April Mop - Ikan April


2. Di Inggris diperkirakan tradisi April Mop dipopulerkan sejak tahun 1700.

Awalnya di Skotlandia, di mana mereka mengadakan tradisi selama 2 hari. Di Hari pertama – atau yang disebut hari ‘Hunting The Gowk’ (artinya Berburu Si Bodoh; Gowk adalah istilah lain dari burung cuckoo yang melambangkan kebodohan), orang-orang akan diberikan tugas palsu.

Hari Kedua dikenal dengan nama ‘Tailie Day’ (Hari Berekor). Pada hari ini, orang yang tidak waspada akan dikerjai. Yang bersangkutan akan diberi ekor, tentunya tanpa mereka sadari. Terkadang malah ada yang ditambahi tulisan ‘kick me’ atau tulisan semacamnya.

3. Sejarawan juga ada yang menghubungkan tradisi April Mop ini dengan festival Hilaria di kota Roma. Para peserta festival yang diadakan pada akhir Maret ini, akan memakai beragam kostum penyamaran. Oh ya even ini terjadi di masa Romawi kuno (kira-kira di abad ke-8 SM).

Hilaria diadakan sebagai penyambutan Equinox di bulan Maret. Oh ya… ada yang belum tahu apa itu Equinox? Equinox adalah waktu di mana panjang siang dan malam sama lamanya. Hilaria juga dilaksanakan sebagai festival penghormatan pada Dewi Cybele –Ibu Agung (Magna-Mater) dalam mitologi Romawi.

Lalu apa hubungannya ini dengan April Mop atau olok-olokan? Dewi Cybele saat itu mereka sebut mengerjai atau mengolok-olok manusia dengan merubah cuaca di awal musim semi atau tepatnya pada Equinox.

Ada sebuah cerita yang disebut menjadi asal muasal perayaan Hilaria ini. Menurut cerita yang ditulis oleh Herodian (PNS di zaman itu yang bertugas mencatat hal-hal penting), Maternus merencanakan pembunuhan terhadap Kaisar Commodus.

Maternus dan para pengikutnya menyamar dengan memakai baju Praetorian Guard – tentara elit kerajaan di zaman Romawi Kuno. Mereka membaur dengan tentara yang asli, sampai mereka berada cukup dekat dengan kaisar.

Akan tetapi ada satu orang pengikut Maternus yang berhianat, dan menunjukkan jati dirinya sebelum rencana ini kesampaian. Menurut Herodian, hal ini dilakukannya karena ia tidak setuju bila Kaisar yang sah dijatuhkan oleh perampok tiran.

Maternus dan pengikutnya dipancung. Kaisar Commodus mengadakan festival untuk mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Dewi Cybele yang telah melindungi beliau.

10 Lelucon April Mop Yang Lucu Dan Unik


Setelah baca Sejarah April Mop, serta Apa Itu April Mop, belum lengkap kalau belum baca daftar 10 Lelucon April Mop. Lelucon yang saya daftarkan di sini, adalah yang paling menarik dan lucu menurut kami.

1. Associated Press – media berita ngetop, pernah dikerjai oleh Professor di bidang Sejarah dari Universitas Boston – Joseph Boskin, di tahun 1983.

Dikatakan sang professor berhasil menemukan asal usul atau sejarah April Mop. Ia berkata pada Era Constantine (Kaisar Romawi dari 306-337 M), para pelawak kerajaan bertemu dengan Kaisar dan menyatakan bahwa mereka yakin akan lebih baik memimpin kekaisaran.

Mendengar hal ini, Kaisar Constantine menunjuk Kugel, salah satu dari pelawak tersebut untuk menjadi raja dalam sehari. Diceritakan Kugel mengeluarkan sejumlah aturan dan tradisi baru yang absurd dan unik. Kugel juga menangani semua hal kenegaraan yang serius secara humoris.

Associated Press (AP) tidak mengetahui bahwa cerita di atas adalah karangan Professor Boskin, sebagai bahan April Mop. Setelah beberapa minggu berita tersebut diterbitkan, baru AP sadar bahwa berita itu adalah candaan sang professor.

2. BBC dalam sebuah program bertajuk Panorama, mengeluarkan berita hoax pada April Mop di tahun 1957. Guyonan atau lebih tepatnya hoax ini diracik dalam bentuk video berdurasi 3 menit.



Mereka melaporkan bahwa sebuah desa bernama Ticino di Bagian Selatan Swiss melakukan panen spaghetti dari pohon. Diberitakan bahwa panen saat itu cukup memuaskan setelah hama kumbang spaghetti telah berhasil dimusnahkan.

Dikatakan pohon spaghetti ini mampu menghasilkan spaghetti yang sama panjangnya, berkat penelitian tahunan dan keberhasilan dalam menemukan varietas pohon baru, yang mampu menghasilkan panjang spaghetti yang identik.

Saat itu orang di Inggris sono, belum tahu kalau Spaghetti itu terbuat dari tepung. Acara ini diperkirakan ditonton oleh 8 juta pemirsa. Ratusan penonton di antaranya menghubungi BBC keesokan harinya untuk meminta informasi lebih lanjut terkait kebenaran berita pohon spaghetti ini. Ada juga yang meminta informasi cara mendapatkan pohon tersebut, cara bercocok tanam dan informasi lainnya.

3. BBC mungkin termasuk media massa elektronik (TV) yang cukup aktif dalam April Mop.

Pada tahun 2008, BBC melaporkan temuan baru adanya koloni penguin terbang. Untuk meyakinkan pemirsa, sebuah video ditampilkan di mana Terry Jones sedang berjalan bersama pinguin di Antartika. Dikatakan bahwa pinguin ‘sakti’ ini bisa terbang sampai ribuan mil, bahkan sampai ke hutan Amazon di Brazilia.

Ini videonya.



4. Di tahun 2016, Majalah National Geographic (NGC) mengeluarkan berita bahwa mereka tidak akan lagi menampilkan foto hewan telanjang. Mereka hanya akan menampilkan foto hewan yang sudah mengenakan baju.

Kucing Lucu Dan Meriam

Anjing Perawat Kucing Lucu

Kedua foto di atas adalah hasil jepretan kamera Harry Whittier Frees di tahun 1900an, yang dikutip dari Library of Congress (loc.gov).

5. Masih di tahun 2016, H&M (Hennes & Mauritz) – sebuah merk fashion nge-top mengeluarkan paket produk yang berisikan satu buah jeans biru dan 7 buah t-shirt abu-abu. Produk ini diberi nama ‘Mark Zuckerberg’.

Belum bisa dipastikan apakah produk ini memang benar-benar dikeluarkan oleh H&M, atau hanya lelucon dari situs iseng markforhm.com.

Kaos Mark Zuckerberg
Screenshot dari situs markforhm.com

Dengan membeli paket ini anda akan bisa memakai baju dengan warna yang sama plus celana yang sama seminggu penuh. Mirip seperti para facebook mania, yang tidak bisa pisah dengan situs sosial media ini.

Jargon marketing produk ini, ‘Satu hal yang perlu dipikirkan setiap pagi telah berkurang’ dan ‘Pakaian yang bisa membantu pemakainya lebih Fokus’.

Hehehe… mengurangi tambahan pikiran setiap pagi? Ya… iyalah, gak perlu mikir mau pakai pakaian yang mana. Wong itu-itu saja model bajunya. Hehehe…

6. Di Tahun 2017, KFC Kanada tidak mau kalah. Mereka mengeluarkan produk bernama ‘Smart Bucket’. Ember ini disebut juga sebagai Ember Pintar.

ember pintar dari KFC Kanda


Dilansir dari situs Amazon.ca, Ember Pintar ini memiliki kemampuan berikut:
  • Menyampaikan pesanan anda ke restoran KFC secara langsung cukup melalui kontrol suara (voice control)
  • Mampu menjawab pertanyaan dan memberi info berita terkait ayam goreng, atau bisa juga memperoleh info cuaca atau kondisi lalu lintas di sekitaran anda
  • Mempelajari suara, kebiasaan dan preferensi makanan pengguna
  • Mengendalikan perangkat lain yang telah dikenal ‘ember’ ini (tidak dijelaskan apa perangkatnya)

7. Kementerian Luar Negeri Rusia di tanggal 1 April 2017, mem-posting file audio di laman Facebook mereka. Rekaman tersebut berisi informasi bahwa di setiap Kedutaan Besar Russia akan dilengkapi sistem telepon otomatis di kala ada telepon masuk ke kedutaan, beserta tata cara-nya.

Isi pesan otomatisnya kira-kira seperti ini:
‘Diplomat Rusia yang akan melakukan panggilan ke lawan politiknya, silakan tekan 1. Untuk menggunakan jasa hacker Rusia, silakan tekan 2. Sedangkan untuk meminta campur tangan dalam pemilu silakan tekan 3’.

Ini sepertinya menyindir tuduhan yang dialamatkan pada Donald Trump ya…!!? Tonton videonya di sini. Tapi saya yakin pasti pusing, masih dalam Bahasa Rusia guys. ^_^



8. Lagi-lagi di tahun 2017, tweet dari @dzstin mengabarkan kalau Pornhub – situs ‘dewasa’ nan vulgar telah memiliki fungsi otomatisasi sharing video ke akun sosial media.

Sehingga para pengunjung tak perlu repot-repot sharing video tersebut, karena Pornhub akan secara otomatis mengetahui akun sosial pengunjung-nya dan memposting video yang ditonton ke medsos.


Sempat betulan ni berita, bisa berabe. Bisa-bisa terbongkar hobi nonton film tak senonoh-nya guys. ^_^

9. Sir Richard Branson, sang milyuner pemilik Virgin Group, juga memiliki versi April Mop buatannya sendiri.

Ia menyebutkan telah berhasil membuat pesawat yang bisa meniru cara terbang burung, dan memasukkan pesawat canggih ini ke dalam jenis pesawat yang dimiliki oleh Virgin Atlantic Airways. Berikut videonya.



10. Masih di tahun 2017, Amazon merilis produk bernama Petlexa. Produk yang super hebat ini mampu menterjemahkan ocehan hewan dan memberikan apa yang mereka inginkan.

Lihat videonya dulu di sini.



Di video tampak Petlexa bisa menghitung jumlah langkah hamster, memesan sushi untuk kucing atau bermain bola dengan anjing.

Kalau saja beneran ada ni barang ya, pasti paten banget, ya gak guys?



Nah itu dia 10 Lelucon April Mop yang saya anggap menarik. Semoga anda pun setuju juga.

Semoga artikel panjang dan detil tentang April Mop, mulai dari Arti April Mop, Sejarah April Mop sampai dengan 10 Daftar Lelucon April Mop yang Unik dan Menarik – paling tidak menurut kami.

0 comments :

Posting Komentar

Back To Top