Breaking News
Loading...

10 Fakta Unik Terkait Superman

10daftarsaya.blogspot.co.id - Saya ingin melanjutkan serial artikel yang saling berhubungan dengan film fenomenal di tahun 2016 ini yaitu Batman V Superman : Dawn of Justice. Kali ini kita akan mencoba mengulas apa saja keunikan dari tokoh karakter Superman - sang manusia super. :)



Sumber : DC Comics

Sejarah Superman


Siapa sih yang gak kenal dengan manusia super yang satu ini? Saya yakin sangat jarang orang yang tidak kenal tokoh superhero yang kuat tapi juga ganteng ini. Namun mana tahu ada yang gak kenal (emang kemane aje lo... ^_^), saya mau sedikit cerita tentang siapa sih Superman ini.

Sumber : comicbook


Tokoh ini diciptakan oleh Jerry Siegel dan Joe Shuster, dan selanjutnya diterbitkan oleh DC Comics.

Superman berasal dari Planet Krypton yang akibat salah urus meledak berkeping-keping, namun berkat kecerdasan ayah dan ibunya (Jor-El dan Lara Lor-Van) yang termasuk sebagai jajaran ilmuwan di planet tersebut, dia bisa diselamatkan dalam kapsul yang kemudian mendarat di bumi, tepatnya di desa Smallville. Nama kelahiran Superman adalah Kal-El, namun di bumi dia diberi nama Clark Joseph Kent, oleh ke-2 orang tua angkatnya - Jonathan Kent & Martha Kent. Masa remaja Superman diwarnai dengan kisah cinta dengan sahabat masa kecilnya, Lana Lang.

Logo Superman

Setelah beranjak dewasa, dia pindah ke kota Metropolis untuk kuliah dan kemudian bekerja di Daily Planet - sebuah penerbit surat kabar di kota itu sebagai reporter, yang dipimpin oleh Perry White. Di sini ia bekerja dengan Lois Lane - yang kemudian menjadi kekasih dari Superman.

Musuh abadi Superman alias Man of Steel ini adalah miliuner ternama di Metropolis bernama Lex Luthor yang memiliki perusahaan LexCorp, dan juga teman masa kecil Clark Kent alias Superman.

10 Fakta Unik tentang Superman


Fakta tentang tokoh superhero - yang memiliki segudang kemampuan super seperti kecepatan, bisa melihat melalui dinding, mampu menyembuhkan diri dengan cepat, pendengaran super, dan lainnya - berikut saya yakin tidak banyak diketahui orang.

Sampul Action Comics 1

1. Tokoh ini pertama kali muncul pada Juni 1938, yaitu pada Action Comics #1. Cukup tua kan? ^_^ Tapi tunggu dulu, usia Superman masih 27 tahun jika dihitung berdasarkan waktu asalnya di Planet Krypton sono. Hehehe...

Lois Lane dan Superman

2. Berdasarkan kisah asli di komik, Lois Lane menikahi Superman alias Clark Kent pada pertengahan tahun 1990an.

Clark Kent dan Lana Lang

3. Di masa modern, Lana Lang akhirnya menikahi Pete Ross dan tinggal di Washington DC, namun bercerai beberapa saat kemudian. Anak ke-2 pasangan ini diberi nama Clark Ross. Pete Ross akhirnya menjadi Senator dan kemudian menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat. Saat itu presidennya adalah Lex Luthor. Belakangan Pete Ross sesaat juga menjabat menjadi Presiden Amerika Serikat, ketika Lex di-impeach.

Pencipta Tokoh Superman - Jerry Siegel & Jos Shuster

4. Para pencipta tokoh ini - Jerry Siegel dan Joe Shuster - menjual hak patennya ke DC Comics (Detective Comics) pada Maret 1938 sebesar USD 130. Paling tidak di masa itu, angka tersebut sudah lumayan besar. Menurut artikel Superman di wikipedia, sama dengan nilai sebesar USD 2.200 di masa sekarang.

Superman dengan rantai Kryptonite

5. Kelemahan Superman adalah pecahan Planet Krypton bernama Kryptonite. Tapi sebenarnya kelemahan ini baru diciptakan sekitaran tahun 1943. Saat itu pengisi suara tokoh Superman di drama radio - Bud Collyer - merasa lelah dan ingin beristirahat dan merasa perlu diciptakan plot yang menjelaskan ketidak hadirannya. Karenanya diciptakanlah kejadian jatuhnya meteor dari Krypton yang melemahkan Clark Kent, dan Bud memperoleh waktu liburnya.


Clark Kent - Penyamaran Superman

6. Bagaimana caranya Clark Kent bisa tidak dikenali sebagai orang yang sama dengan Superman. Kok bisa? Di komik dijelaskan kalau Clark Kent memberi warna pada kaca matanya, sehingga matanya memiliki warna yang berbeda, memakai baju yang cukup longgar serta mampu mengatur suaranya sehingga berbeda dengan Superman.

Lompatan Superman

7. Pada awal cerita, Superman tidak memiliki kemampuan terbang, melainkan memiliki lompatan yang cukup tinggi. Namun hal ini diprotes oleh para animator di Max Fleischer Studios di saat proses pembuatan animasi tokoh ini, karena terlalu sulit dan memakan banyak biaya membuat animasi seperti ini. Mereka meminta Superman agar memiliki kemampuan terbang, karena ini lebih mudah dan murah.

Jenis-jenis batu Kryptonite

8. Batu Krypton alias Kryptonite punya 5 warna. Kryptonite berwarna hijau membuat Superman lemah, tapi anehnya kalau si Man of Steel ini terkena paparan radiasi Kryptonite berwarna pink, maka dia akan menjadi gay. Hahahaha... gawats man. ^_^

Inisial LL di Kehidupan Superman - Superman #157

9. Sang pencipta tokoh superhero ini sangat suka sekali dengan inisial LL. Lihat saja contohnya Lois Lane, Lana Lang, Lex Luthor, Linda Lee, Lori Lemaris, Lyla Lerrol, dan masih banyak lagi. Ada rumor kalau inisial LL ini berasal dari nama pacar pertama Joe Shuster. Tapi rumor ini tidak pernah bisa dikonfirmasi ke beliau.

Cuplikan foto cerita pendek The Reign of Superman

10. Jauh sebelum diterbitkan di DC Comics, Jerry Siegel dan Joe Shuster menciptakan tokoh Superman dalam cerita pendek - The Reign of Superman (1933). Menceritakan Bill Dunn, seorang tunawisma yang menjadi kelinci percobaan seorang ilmuwan gila yang merubahnya menjadi orang jahat yang memiliki kekuatan telepati. Bill kemudian membunuh ilmuwan tersebut dan mencari uang melalui cara yang illegal, berjudi di pacuan kuda atau bermain saham.

Semoga artikel seri ke-2 untuk menyambut film Batman vs Superman : Dawn of Justice ini cukup menghibur dan membawa manfaat pengetahuan. ;)

Tunggu artikel kami masih dalam seri yang sama selanjutnya - 10 Fakta Unik Film Batman v Superman.

0 comments :

Posting Komentar

Back To Top