Breaking News
Loading...

10 Fakta Unik Terkait Batman

10daftarsaya.blogspot.co.id - Di pertengahan semester pertama 2016 ini kita akan bisa menonton film paling fenomenal, yaitu Batman vs Superman : Dawn of Justice yang disutradarai oleh Zack Snyder. Tokoh utama film ini adalah Ben Affleck (Bruce Wayne alias Batman), Henry Cavill (Clark Kent alias Superman), Gal Gadot (Diana Prince alias Wonder Woman) dan Jesse Eisenberg (Lex Luthor).


Film ini ditunggu-tunggu para penggemar ke-2 superhero keren ini, sehingga sudah banyak dibicarakan bahkan sejak pertengahan tahun 2015. Di artikel kali ini, saya akan memperkenalkan atau sebutan yang paling cocok mengupas siapa sih Batman ini dan fakta menarik terkait tokoh superhero ini. Artikel ini merupakan bagian 1 dari 3 artikel terkait film Batman vs Superman. Lalu apa yang mau saya sajikan di artikel ini? Pingin tahu? Lanjut baca ya sob.

Sumber : DC Comics

 

Sejarah Batman


Sebelum mengulas fakta unik terkait tokoh Batman, bagi yang belum kenal. Karakter komik ini diterbitkan oleh DC Comics. Batman adalah tokoh super kaya bernama Bruce Wayne. Julukan yang dimilikinya ada 3 seperti Caped Crusader, Dark Knight dan Matches Malone.


Kekayaan yang dimilikinya bisa dibilang tak kan habis tujuh turunan. Beliau adalah CEO dari Wayne Enterprises yang diwariskan dari ayahnya - Dr. Thomas Wayne yang juga memperoleh perusahaan ini dari ayahnya Patrick Wayne - yang terbunuh di jalanan Gotham City saat Bruce masih anak-anak. Wayne Enterprises ini memiliki banyak cabang usaha, tapi yang terutama adalah sebagai kontraktor persenjataan canggih untuk militer. Oh ya, nama sang ibu Martha Wayne ya guys. ^_^

Sumber : weknowyourdreamz.com


Bruce Wayne alias Batman memiliki keahlian bela diri dan kecerdasan di atas rata-rata, plus dengan harta berlimpah mampu memiliki gadget atau peralatan berteknologi super canggih, seperti Batarang, Batmobile dan Utility Belt yang berisi puluhan peralatan tempur canggih lainnya. Bisa dibilang Batman selalu mampu beberapa langkah lebih unggul dalam hal strategi dibandingkan musuh-musuhnya dan termasuk juga polisi Gotham City.

Foto Batmobile dalam film Batman & Batman Returns - Sumber : en.wikipedia.org


10 Hal Menarik dan Unik Tentang Batman

Ada 10 hal yang bisa saya catat dari tokoh superhero bernama Batman, yang diciptakan oleh Bob Kane dan Bill Finger.

Sumber : comicvine.gamespot.com
1. Karakter superhero yang tidak memiliki kekuatan super, namun mampu mengalahkan lawan-lawannya dengan kemampuan bertarung dan kecerdasan yang dimilikinya. Tentu saja dibantu dengan peralatan tempur yang super canggih.

Sumber : Robert Bruce dari danpodan.weebly.com dan "Mad" Anthony Wayne dari en.wikipedia.org


2. Nama Bruce Wayne merupakan gabungan dari nama tokoh Skotlandia yang juga Komandan The Knights Templar bernama Robert Bruce dan General "Mad" Anthony Wayne - seorang jenderal di ketentaraan Amerika Serikat. Nama ini diberikan oleh Bill Finger.

Sumber : batman.wikia.com

 3. Pertama kali superhero ini muncul di komik Detective Comics No. 27 edisi Mei 1939.



Sumber : francescofrancavilla.com


4. Saat pertama kali tampil di komik, Batman adalah tokoh yang memiliki senjata api dan suka sekali membunuh dan bahkan menembak musuh-musuhnya tanpa rasa kasihan. Ada satu episode di mana Batman begitu kuat menendang musuhnya, sehingga lehernya patah. Karakter kejam ini terus berlanjut sejak pertama kali terbit sampai dengan tahun 1950an. Belakangan sifat karakter ini dirubah menjadi tokoh superhero yang lebih ramah dan tidak mau membunuh musuhnya apalagi memakai senjata api.

Sumber : Whatculture

5. Dr. Fredric Wertham pernah menyatakan bahwasanya tokoh Batman dan Robin sebagai gay atau paling tidak dicurigai. Aneh juga ya... hehehe.

Sumber : Wikipedia

6. Bob Kane dan Bill Finger mengakui bahwasanya tokoh Batman diilhami oleh beberapa hal. Kekayaannya dari film Mask of Zorro (1920), identitas ganda dari tokoh The Shadow (drama radio tahun 1930an) dan jubah bersayapnya dari gambar Ornithopter dari Leonardo Da Vinci.


Sumber : Pinterest

7. Luke Skywalker (Mark Hamill) adalah salah satu tokoh pengisi suara Joker. Hal ini terjadi di awal 1990-an, pada film Batman : Mask of The Phantasm dan Batman : The Animated Series, begitu juga pada video game Batman : Arkham Asylum dan Batman : Arkham City.

Sumber : GothamVillage

8. Kota Gotham sebenarnya juga ada di dalam peta dunia, tepatnya berada di daerah Nottingham - Inggris.

Sumber : www.amusingplanet.com

9. Negara Turki memiliki kota dengan nama Batman, tepatnya di daerah Anatolia - Turki Tenggara. Nama Batman berasal dari nama sungai dan merupakan singkatan dari nama gunung yang ada di dekatnya yaitu Bati Raman. Bahkan walikota Batman - Huseyin Kalkan - pernah dikatakan ingin menuntut Warner Bros dan Christopher Nolan saat film Batman : The Dark Knight ngetop waktu itu. Lucunya lagi, diketahui bahwasanya kota ini diberi nama itu pada tahun 1957, sedangkan komik Batman terbit pada 1939. Jadi jelas saja, tuntutan si walikota malah jadi bahan olok-olok, atau sekedar pemberi sensasi popularitas saja.


Sumber : wikipedia

10. Apa ya kira-kira film pertama Batman ? Jawabannya adalah Batman, Dracula (1964) yang disutradarai oleh Andy Warhol yang juga merangkap sebagai produser. Film ini dibuat tanpa izin dari DC Comics.

Silakan baca artikel terkait film Batman Vs Superman : Dawn of Justice, yaitu 10 Fakta Unik Superman.

0 comments :

Posting Komentar

Back To Top