Rabu, 25 Mei 2011

10 Wanita Terkaya Sejagat

Pernah gak anda pingin tahu siapa wanita terkaya sejagat? Silakan lihat daftar di bawah ini. Sumber dari daftar ini adalah majalah online Forbes.com per Maret 2011.

10. Maria-Elisabeth Schaeffler

Nilai kekayaan dari wanita yang lahir pada 17 Agustus 1941 ini diperkirakan sekitar $9,8 miliar. Beliau adalah warga negara Jerman. Sumber kekayaan berasal dari perusahaan produsen roller bearing ternama Schaeffler Group yang diwariskan kepadanya dan anaknya - Georg FW Schaeffler - dari suaminya Dr. Ing. h.c. Georg Schaeffler yang meninggal pada 1996.

Beliau bersama dengan anaknya duduk di peringkat 89 orang terkaya sedunia versi majalah Forbes per Maret 2011.

9. Johanna Quandt

Janda dari Herbert Quandt (meninggal pada 1982) - pemilik BMW - kelahiran 1926 ini diperkirakan memiliki nilai kekayaan sekitar $9,8 miliar. Putra-putrinya - Stefan Quandt dan Susanne Klatten - juga merupakan orang terkaya sedunia, di peringkat 72 dan 44.

Beliau berhasil menyelamatkan BMW dari kebangkrutan, dan karenanya dia menjadi orang ke-89 terkaya sejagat. Sejak 1997 warga negara Jerman ini telah pensiun dan aktif di kegiatan sosial.

8. Jacqueline Mars

Wanita kelahiran 10 Oktober 1940 ini adalah puteri dari Forrest Edward Mars Sr. dan cucu dari Frank C. Mars - para pendiri Mars, Inc. - produsen permen dan makanan hewan kenamaan di Amerika Serikat.

Nilai kekayaan beliau diperkirakan sekitar $10 miliar. Warga negara Amerika Serikat ini duduk di peringkat 81 orang terkaya sedunia per Maret 2011 dan wanita terkaya ke-5 se-Amerika.

7. Abigail Johnson

Wanita kelahiran 19 Desember 1961 ini adalah President dari Fidelity Investment ini memiliki nama lengkap Abigail Pierrepont Johnson. Beliau diperkirakan memiliki kekayaan $11,3 miliar. Fidelity Investment ini dimiliki oleh ayahnya Edward C. Johnson III. Beliau berada di peringkat ke 69 orang terkaya sejagat atau wanita ke-4 terkaya di Amerika Serikat. 

Sebelum  bergabung ke perusahaan milik ayahnya pada 1988, dia bekerja sebagai konsultan di Booz & Allen Hamilton pada 1985-1986 dan menyelesaikan kuliahnya di Harvard Business School dan memperoleh gelar MBA pada 1988.

6. Anne Cox Chambers

Nilai kekayaan sekitaran $13,4 miliar yang wanita ini miliki berasal dari Cox Entreprises, perusahaan media yang memiliki sejumlah usaha TV, koran, radio, tv kabel dan lainnya. Warga negara Amerika Serikat ini berada di peringkat 53 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes, sekaligus wanita terkaya ke -3 di Amerika Serikat.

Beliau lahir pada 1 Desember 1919 puteri dari James M. Cox, calon presiden dari partai Republik di tahun 1920 serta pemilik koran cikal bakal dari Cox Enterprises. Bisa dikatakan dia adalah wanita terkaya yang tertua.

5. Susanne Klatten

Beliau adalah putri dari Johanna Quandt, pemilik BMW. Nilai kekayaan wanita berkewarga-negaraan Jerman yang lahir pada 28 April 1962 ini diperkirakan $14,6 miliar. Kekayaan tersebut berasal dari BMW dan perusahaan farmasi yang juga ia warisi dari ayahnya. Beliau berada di peringkat 44 orang terkaya sejagat per Maret 2011 dan sekaligus wanita terkaya Jerman saat ini. Nama lengkap beliau adalah Susanne Hanna Ursula Quandt.

Walaupun putri dari miliuner Jerman dia pernah bekerja di sejumlah tempat. Dikarenakan pada masa itu telah dikenal sebagai anak sang miliuner, dia seringkali kerja dengan memakai nama samaran Susanne Kant. Malah pernah ada usaha penculikan atasnya pada tahun 1978, walaupun usaha tersebut berhasil digagalkan.

Nama Klatten diperoleh dari suaminya Jan Klatten yang dinikahinya pada 1990. Uniknya sang suami adalah pekerja di pabrik BMW di Regensburg, dan dia tidak mengetahui kalau pacarnya saat itu adalah anak pemilik BMW. Susanne saat itu memperkenalkan dirinya sebagai Susanne Kant.

Susanne pernah diperas oleh mantan selingkuhannya Helg Sgarbi, warga negara Swiss yang mengancam akan mempublikasi rekaman adegan mereka jika Susanne tidak bersedia membayar 14 juta euros. Malah pernah Susanne memberi 7,5 juta euros kepada sang pacar gelap, karena beliau Sgarbi memohon bantuannya karena menurutnya ada ancaman dari mafia. Akhirnya Sgarbi ditangkap dan mengakui seluruh kesalahannya dan ditahan 6 tahun penjara pada Maret 2009, tetapi beliau tidak mau membeberkan lokasi penyimpanan lebih dari 9 juta euro yang diterimanya dari Susanne yang ia peras.

Susanne Klatten adalah wanita terkaya yang termuda.

4. Iris Fontbona

Beliau adalah janda dari Andrónico Luksic (meninggal karena kanker pada 18 Agustus 2005), orang terkaya di Chile dan karenanya mewarisi Luksic Group - perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, financial, industri minuman dan sejumlah bisnis lainnya, termasuk beach resort di Kroasia. Bahkan group ini menjadi pemegang saham terbesar di Banco de Chile. Luksic Group memiliki Antrofagasta plc, perusahaan tambang tembaga terbesar di dunia.

Kekayaannya diperkirakan mencapai $19,2 miliar. Beliau menjadi orang terkaya ke-27 sejagat dan orang terkaya di Chile.

3. Alice Walton

Wanita kelahiran 7 Oktober 1949 dengan nama lengkap Alice Louise Walton ini memiliki kekayaan sekitar $21,2 miliar yang diperolehnya dari Wal-Mart yang ia warisi dari ayah-ibunya yang merupakan pendiri Wal-Mart - Sam Walton dan Helen Walton.

Berada di peringkat 21 atau wanita ke-2 terkaya se-Amerika Serikat, sedangkan iparnya Christy Walton menduduki peringkat ke-1 wanita terkaya.

2. Liliane Bettencourt

Wanita ini memperoleh kekayaan sebesar $23,5 miliar dari L'Oreal - perusahaan kosmetik dan kecantikan - yang dia warisi dari ayahnya Eugène Schueller pada 1957. Beliau lahir pada 21 Oktober 1922.

Beliau dilaporkan merupakan salah satu korban Ponzi Scheme-nya Bernard Madoff, dan kehilangan sekitar 22 juta euro karenanya. Wanita ini berada di peringkat 15 orang terkaya versi majalah Forbes.

1. Christy Walton

Ipar dari Alice Walton atau istri dari alm. John T. Walton - putra dari Sam Walton, pendiri Wal-Mart ini memiliki kekayaan sebesar $26,5 miliar. Memiliki nama lengkap Christy Ruth Walton (lahir 1955) memperoleh warisan senilai $15,7 miliar pada Juni 2005 setelah meninggalnya sang suami.

Di tahun 2011 ini beliau merupakan orang ke-4 terkaya se-Amerika Serikat atau wanita terkaya di Amerika Serikat dan di dunia. Untuk peringkat global dia berada di peringkat ke-10. Nilai tersebut diperoleh dari sahamnya di Wal-Mart dan First Solar.

Wanita ini termasuk aktif di dunia sosial dan telah menyumbangkan miliaran juta dollar ke kegiatan sosial di bidang pendidikan.


Related Post



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar