Breaking News
Loading...

10 Peristiwa Pada Friday The 13th atau Jumat tanggal 13

10daftarsaya.blogspot.com - Siapa yang gak faham dengan event Friday the 13th alias Jumat tanggal 13? Ane rasa susah cari orang yang gak ngerti apa itu di zaman sekarang ini. Udah deh, tanpa berpanjang basa-basi, ini dia 10 peristiwa yang terjadi pada Friday the 13th yang saya kumpulkan dari berbagai bacaan.


friday 13
Courtesy of pixabay.com

BTW istilah untuk orang yang takut dengan hari Friday the 13th adalah friggatriskaidekaphobia atau paraskevidekatriaphobia. Muakjang, puanjang banget kan mas bro n mbak sis?


Tragedi dan Kejadian pada Friday the 13th




  1. Knights Templar alias Ksatria Templar secara massal ditangkap

    Pada hari Jumat, 13 Oktober 1307, Raja Prancis - Philip IV mengeluarkan perintah penangkapan Jacques de Molay (Templar Grand Master) dan sekumpulan anggotanya. Tuduhannya adalah mengadakan upacara penerimaan rekruitan baru dengan ritual meludah ke salib, menolak keberadaan Yesus dan saling berciuman sesama anggota baru. Mereka juga dituduh melakukan penyembahan berhala dan melakukan praktek homoseksual.

    Mereka disiksa sampai akhirnya terpaksa mengakui apa yang dituduhkan. Singkat cerita, baru pada tahun 1310 lusinan anggota Templar yang tertangkap dibakar hidup-hidup di tiang kayu.

  2. Kecelakaan 2 pesawat secara bersamaan

    Pada Jumat 13 Oktober 1972 sebuah pesawat Uruguay yang di-charter oleh tim rugby, membawa 45 orang, jatuh di pegunungan Andes. Sekitar 1/4 penumpang meninggal dalam kecelakaan ini. Beberapa meninggal akibat luka yang diderita dan udara super dingin. 8 dari 27 orang yang selamat, meninggal beberapa hari kemudian, akibat longsor salju yang menimpa tempat perlindungan mereka di antara reruntuhan pesawat. Tinggallah 16 orang yang hidup dan berhasil diselamatkan 2 bulan kemudian yaitu pada 23 Desember 1972.

    Dinginnya udara di pegunungan setinggi 3.600 meter dan kurangnya makanan, menjadikan mereka kanibal. Mereka memakan daging mayat teman mereka yang sudah meninggal, yang awet akibat dinginnya udara.

    Kisah ini lebih dikenal dengan sebutan Andes Plane Crash. Belakangan cerita ini dijadikan film dengan judul 'Alive'.


  3. Alfred Hitchcock lahir


    Sebagian besar pasti kenal kan sama sutradara cerdas dan fenomenal ini. Ia disebut sebagai bapaknya film horror di masanya (1950-an sampai menjelang 1970). Filmnya masih sering diputar ulang karena ceritanya cukup autentik dan menarik. Belum pernah nonton? Wah... susah komen deh saya. BTW beliau lahir pada Jumat 13 Agustus 1899.

  4. Pemimpin Ku Klux Klan lahir


    Pernah dengar Triple K alias KKK alias Ku Klux Klan alias The Klan. Ini adalah organisasi paling kontroversial di negara Paman Syam a.k.a Amerika Serikat. Pemimpin the Klan adalah Nathan Bedford Forrest. Beliau lahir pada Jumat 13 Juli 1821.

    Ia adalah veteran Civil War (Perang Saudara) di Amerika, dan terakhir berpangkat Letnan Jendral di Konfederasi (kumpulan negara bagian AS yang menolak penghapusan perbudakan). Beberapa kejadian kontroversial pernah dilakukan di saat perang saudara Amerika itu terjadi. Salah satu contohnya adalah pembantaian Fort Pillow. Tentara Union dengan nama US Colored Heavy Artillery yang berisikan tentara dari beragam ras dibantai oleh kesatuan yang beliau pimpin walau 262 orang ini telah menyerah kalah.

    Setelah Union menyerah termasuk Nathan, beliau diangkat menjadi pemimpin organisasi kontroversial bernama Ku Klux Klan - yang berdiri pada 1865. Ku Klux Klan adalah organisasi yang menyebarkan faham supremasi kulit putih dan anti imigran. Di sini beliau mendapat posisi Grand Wizard yang artinya Penyihir Utama - sebutan yang diberikan untuk Pemimpin Besar mereka.


    Mereka banyak terlibat dalam pembunuhan, pembakaran rumah dan penyiksaan kepada kaum kulit hitam atau mereka yang melindunginya. Belakangan organisasi ini mulai redup dan menghilang di tahun 1871. Walau sejak awal 1870 tidak ada lagi yang berani memakai kostum 'regalia', nama kostum KKK.

    BTW Organisasi ini hidup lagi beberapa dekade kemudian, dengan sebutan Klan ke-2 dan Klan ke-3. Foto di atas menggambarkan KKK di era kehidupan ke-2 nya .

  5. Nazi Jerman menyerang istana Inggris

    Courtesy of westendatwar.org.uk

    Pada tanggal 13 September 1940, tentunya masih pada hari Jumat dong, Nazi menjatuhkan 5 bom di atas istana Buckingham. Saat itu Raja Inggris George VI dan Ratu Elizabeth sedang minum teh. Mereka selamat tanpa tergores sedikitpun.

  6. Bencana Topan Dahsyat di Chittagong - Bangladesh

    Pada Jumat 13 November 1970, topan dahsyat menyerang Bangladesh dan mengakibatkan 300.000 - 500.000 orang meninggal dunia. Kerugian material yang ditimbulkan diperkirakan sebesar USD 86,4 juta (berdasarkan kurs USD waktu itu). Sebuah bencana yang cukup dahsyat. Topan ini dikenal dengan sebutan Topan Bhola (Bhola Cyclone). Kecepatan angin topan ini disebut-sebut mencapai 185 km/jam.

    Efek yang diakibatkan juga menyebabkan banjir di Delta Sungai Gangga yang selanjutnya mengakibatkan 1 juta korban jiwa (info dari livescience.com).

  7. Bursa Saham Amerika Menurun Tajam

    Tepatnya tanggal 13 Oktober 1989, rata-rata nilai saham bidang industri di Dow Jones merosot tajam sebesar 190,58 poin. Penurunan poin sebesar itu bukanlah apa-apa saat ini, namun tidak saat itu. Belakangan kejadian ini sering disebut-sebut sebagai pemicu resesi ekonomi di awal tahun 1990.

    Awal mula penyebab adalah isu terjadinya kegagalan leveraged buyout (membeli saham untuk tujuan mengontrol kepemilikan saham yang dilakukan oleh manajemen, sumber dana dari pihak lain) untuk UAL Corp (pemilik maskapai United Airlines). Kegagalan buyout ini memicu rontoknya harga saham di pasar junk bond (saham high-risk high-yield, resiko-besar hasil-besar).

    Belakangan diketahui kalau kegagalan rencana di atas, dikarenakan manajemen UAL Corp menolak permintaan Association of Flight Attendants (AFA) membuat Rencana Kepemilikan Saham bagi Karyawan (ESOP = Employee Stock Ownership Plan).

    Kejadian ini terkenal dengan sebutan 'Black Friday'. Miris ya, gara-gara gak mau bagi-bagi saham ke karyawan jadi seluruh negara kena getahnya. -_-

  8. Catalina Affair - pesawat Swedia hilang di Lautan Baltik

    Pesawat militer Swedia DC-3 yang membawa 8 orang hilang secara misterius di Lautan Baltik. Sebutan Catalina Affair diambil dari kejadian 1 dari 2 pesawat Catalina yang berusaha melakukan pencarian ditembaki oleh tentara Soviet.

    Belakangan pihak Soviet di tahun 1991 - berdasarkan laporan BBC - mengakui bahwa mereka menembak jatuh pesawat DC-3 saat itu.



  9. Kebakaran di Propinsi Victoria - Australia

    Courtesy of actfirst.org.au

    Kejadian pada 13 Januari 1939 ini mengakibatkan 36 orang kehilangan nyawanya tepat di hari itu. Jika dihitung seluruh korban jiwa ada 71 orang selama kebakaran di sepanjang Januari. Kejadian ini juga disebut sebagai Black Friday. Ini merupakan kebakaran terdahsyat dalam sejarah yang diakibatkan oleh terbakarnya hutan/semak.

    Saat itu musim panas dengan suhu yang sangat tinggi dan beberapa penduduk membakar semak, dan ternyata api yang mereka buat tidak terkontrol. Dilaporkan selama Januari kebakaran ini merusak 1300 bangunan, termasuk di dalamnya 700 rumah. Besaran area yang terbakar sekitar 60.000 ha hutan dan padang rumput, termasuk di dalamnya 1.100 ha hutan pinus.

  10. Tenggelamnya kapal pesiar Costa Concordia


    Kapal yang dibangun di tahun 2004 ini tenggelam di perairan Itali - tepatnya di pantai Isola del Giglio pada Jumat 13 Januari 2012. Di hari itu kapal pesiar mewah sepanjang 290 meter ini menabrak batu yang menyebabkan lubang sepanjang 53 meter di lambung sebelah kiri kapal tersebut.

    Kapal yang membawa penumpang 3.206 dan 1.023 crew ini perlahan-lahan miring dan akhirnya tenggelam setengah. Korban jiwa yang ditimbulkan diperkirakan sekitar 40 orang.

Semoga anda sabar membaca artikel saya yang super panjang ini. Ini semua saya lakukan demi sempurnanya informasi 10 peristiwa pada Friday the 13th atau jumat tanggal 13.

Silakan juga baca 10 Hal Tentang Sisi Psikologi Wanita.

BTW artikel ini bukan untuk menyatakan bahwa saya setuju dengan mitos sialnya hari dan tanggal Friday the 13th. Ini hanya untuk tujuan informasi saja dan tidak menggambarkan apa yang saya yakini ya. ;)

Jika anda suka, tolong LIKE, KOMEN dan SHARE ya. ;)

0 comments :

Posting Komentar

Back To Top