Breaking News
Loading...

10 Gaya Hidup Sehat Bugar

Sudah sangat lama saya tidak pernah update blog ini. Hari ini iseng-iseng saya kembali mau catat apa yang saya baca di internet dan kumpulkan menjadi satu artikel singkat tentang Gaya atau Pola Hidup Sehat agar tubuh segar bugar. Yang utamanya berguna untuk saya, dan juga semoga untuk para pengunjung blog ini.







Ada 10 poin yang saya rangkum di sini.

1. Olah Raga

Hindari hari-hari tanpa aktivitas yang berkeringat. Berolah raga lah secara rutin, walaupun di sela-sela kesibukan harian anda. Sederhananya jalan kaki sekitaran 2-3 km per hari saja sudah sangat membantu. Bisa juga jika anda bekerja di gedung bertingkat, anda sebaiknya lebih memilih naik tangga paling tidak sekitar 3 lantai di sore hari saat akan pulang kerja misalnya.




2. Stop Merokok atau Jauhi Paparan Asap Rokok

Saya rasa tidak perlu penjelasan untuk hal ini. Mari kita lanjut ke poin berikutnya.


3. Kontrol Asupan Gula, Garam dan Lemak

Ini tidak hanya berlaku untuk pengidap diabetes, namun juga berlaku untuk kita semua, karena asupan gula yang berlebih akan membuat badan gemuk dan dalam tingkat yang berat bisa menyebabkan penyakit diabetes.
Untuk garam, yang dalam kondisi normal berguna sebagai pengatur kandungan air di dalam tubuh, namun bila asupannya berlebihan bisa menimbulkan hipertensi.
Konsumsi lemak berlebihan akan menyebabkan obesitas, oleh karenanya batasi alias kontrol makanan seperti telur, santan, susu.

4. Hindari Makanan Yang Gampang Dipecah Tubuh Menjadi Gula

Makanan seperti kentang misalnya kentang goreng, oatmeal dan roti putih akan cepat diolah tubuh menjadi gula. Hindari atau paling tidak kurangi meng-konsumsinya.

5. Makan Sayuran Setiap Hari

Jangan benci sayuran, karena makanan ini tidak hanya mengandung serat yang berguna bagi pencernaan anda, tetapi juga mengandung sejumlah vitamin dan antioksidan. Hijaukan meja makan anda. :)


6. Konsumsi Kacang-kacangan

Umumnya kacang-kacangan mengandung asam lemak Omega 3 yang berguna bagi otak, jantung dan mampu menurunkan kadar kolesterol, dan belasan manfaat lainnya. Oleh karenanya mengkonsumsi kacang-kacangan akan membawa banyak manfaat bagi tubuh dan kehidupan anda, sehingga tubuh menjadi sehat segar bugar.

7. Tidur Secukupnya

Tidurlah minimal 6 jam sehari, dan sebaiknya tidur di malam hari, karena berdasarkan penelitian tidur yang cukup di malam hari apalagi di bawah tingkat pencahayaan yang tidak terlalu terang dapat menyegarkan tubuh di pagi hari, dan anda akan bangun dengan tubuh yang bugar.

8. Minum Air Putih Yang Banyak

Disarankan untuk minum air putih sekitar 2 liter atau 8 - 10 gelas per hari. Konsumsi air putih juga membantu anda yang sedang ingin mengurangi berat badan atau diet.

9. Hindari atau Kurangi Konsumsi Alkohol

Saya rasa para pembaca sudah tahu bahayanya minuman ini, walau ada juga manfaatnya, tetapi manfaatnya tidak sebanding dengan bahaya yang dikandungnya.



10. Makan Buah-Buahan Segar

Saya pernah dengar dari pakar ahli gizi, bahwa sebaiknya kita makan minimal 5 jenis buah dengan warna berbeda, dan jika bisa 10 jenis buah akan lebih baik. Dan disarankan juga untuk makan buah sebelum makan besar atau paling tidak bersamaan dengan waktu makan.

Sebagia penutup, pastikan anda melakukan Regular Check Up setiap tahun, terutama bila anda sudah berusia lebih dari 45 tahun.

Demikian artikel Pola Hidup Sehat ini. Semoga bermanfaat.

0 comments :

Posting Komentar

Back To Top