Senin, 09 Mei 2011

10 Negara Termiskin dan Terkaya

Awalnya saya heran kenapa Somalia terkenalnya sebagai negara para perompak kapal. Rupanya negara mereka termasuk negara yang dijuluki 'negara gagal'. Penduduk tidak punya mata pencaharian. Lalu muncul ide untuk ngisi blog ini, yaitu melihat ranking 10 negara termiskin dan terkaya. Sekaligus di mana sih peringkat negara tercinta kita Indonesia?

Pemeringkatan ini berdasarkan tingkat GDP (Gross Domestic Product) tahunan mereka. Data ini didapat dari CIA, jadi cukup valid lah. Sebelum masuk ke daftar 10, saya ingin menjelaskan pengertian GDP, tentunya bagi pembaca yang belum mengerti apa itu.


GDP adalah singkatan dari Gross Domestic Product. GDP adalah tingkkat kesehatan ekonomi suatu negara, semakin tinggi nilainya, berarti semakin makmur negara dan penduduknya. Nilai GDP diperoleh dari beberapa macam input seperti tingkat pengeluaran rata-rata dari seluruh penduduk di negara itu, gaji atau pendapatan rata-rata dan nilai export yang dilakukan,

10 NEGARA TERMISKIN


RankingNegaraGDPRangking Versi CIA 
10
Tanzania
Zambia
$1,500
201
202
 9
Burkina Faso
Nepal
Uganda
Mali
Haiti
$1,200
203
204
205
206
207
 8
Rwanda
Burma
Guinea-Bissau
$1,100
208
209
210
 7 Mozambique
Madagascar
Comoros
Ethiopia
Guinea
Afghanistan
Tokelau
$1,000 211
212
213
214
215
216
217
 6 Malawi
Sierra Leone
Togo
$900 218
219
220 
 5 Eritrea
Niger
Afrika Tengah
$700 221
222
223
 4 Somalia $600 224 
 3 Liberia $500  225
 2 Zimbabwe $400  226 
 1 Congo
Burundi
$300 227
228 

10 NEGARA TERKAYA


 RankingNegaraGDPRangking Versi CIA 
 10 Amerika Serikat $47,400 10
 9 Brunei $50,300 9
 8 Kuwait $51,700 8
 7Jersey $57,000 7
 6 Singapore $57,200 6
 5 Norway $59,100 5
 4 Bermuda $69,900 4
 3 Luxembourg $81,800  3
 2 Liechtenstein $141,100  2
 1 Qatar $145,300 1

PERINGKAT NEGARA UNTUK ASIA TENGGARA


 RankingNegaraGDPRangking Versi CIA 
9 Papua New Guinea $2,500 178
8 Timor Leste $2,600 171
7Vietnam $3,100 166
6 Philipina $3,500 161
5 Indonesia $4,300 154
4 Thailand $8,700 118
3 Malaysia $14,700 77
2 Brunei Darussalam $50,300  9
1 Singapore $57,200 6

Jadi untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia berada di tengah-tengah. Gak malu-maluin lah. Seperti lagu dangdut, "yang sedang-sedang saja." :-)

Related Post



9 komentar:

  1. wah di asia tenggara perbandingan antara negara kaya dan miskin sangat jauh. dari peringkat 1-2 GDPnya sampai 50000an lebih sedangkan yang peringkat 3-9 GDPnya antara 2500-14700. Beda jauh

    BalasHapus
  2. wah masi jauh sama malaysia nih :s

    BalasHapus
  3. Indonesia adalah negara kaya dari 2 Aspek, Kaya akan Sumber Daya Alam dan Kaya akan Koruptur. Jadi jangan heran posisinya ditengah2 saja, sebagian kekayaan disedot oleh koruputor, Gmna spakat Khan??? hehe

    BalasHapus
  4. datanya berdasarkan CIA? sumbernya dari mana nih?

    nie penilaian tahun 2011 yg lalu yah...
    kalo yg terbaru 2013 ada gak?

    BalasHapus
  5. harusnya indonesia no 1 di asia tenggara,..

    BalasHapus
  6. Min, maaf kalo boleh tau itu data GDP untuk tahun berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data di saat artikel ini ditulis gan. 2011.

      Hapus
  7. Kalau dilihat Indonesia kaya banget tuh. Lihat perbandingan jumlah penduduk juga. GDP 4000 berarti di Indonesia ada orang kaya yang kaya banget, sekalinya miskin sampai sulit makan sehari-hari.

    BalasHapus